LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI NGADIROJO
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Oleh:
HARI NOTO PRASETYO
NIM: 10.10707.026
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
STKIP PGRI PACITAN
2013
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II
Di
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ngadirojo
Tahun
Pelajaran 2013/2014
Oleh:
HARI NOTO PRASETYO
NIM: 10.10707.026
Laporan
ini sebagai salah satu prasyarat kelulusan
dalam
kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II
pada
Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP
PGRI Pacitan
Menyetujui,
Dosen
Pembimbing Lapangan,
SUGIYONO, M.Pd.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
Drs. SUTOMO, M.Pd.
NIP.
196505241993031005
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadhirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan Laporan Program Pengalaman Lapangan ini tepat pada waktunya.
Laporan ini dibuat oleh penulis berdasarkan hasil pengamatan, wawancara,
pendataan, dan pengalaman langsung selama mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan
(PPL II) di SMK Negeri Ngadirojo.
Laporan
ini merupakan salah satu syarat bagi setiap mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan
dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konselinguntuk
menyelesaikan studinya serta untuk mendapatkan gelar Strata 1 (S1). Penulis
berharap agar pengalaman yang didapat mampu memberikan pengalaman dan wawasan
yang luas tentang pengajaran di sekolah.
Keberhasilan
penulisan laporan ini tidak terlepas dari bantuan serta arahan dari berbagai
pihak baik secara individu maupun secara umum, terutama bimbingan dan
pengarahan yang tulus dan ikhlas dari pembimbing, untuk itu penulis
menyampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:
1.
LPPM selaku Tim Pelaksana Program PPL II.
2.
Bapak Drs. Sutomo, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri
Ngadirojo.
3.
Bapak Sugiyono, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang
telah memberikan bimbingan dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan
4.
Bapak Joko Witono, S.Pd selaku Guru Pamong Jurusan
Pendidikan Matematika yang telah memberi pengarahan, kritik, dan saran kepada
kami selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini.
5.
Bapak Ibu Guru SMK Negeri Ngadirojo.
6.
Bapak Ibu Staf Tata Usaha SMK Negeri Ngadirojo.
7.
Siswa-siswi SMK Negeri Ngadirojo.
8.
Bapak dan Ibu yang selalu memberikan doa dan semangat kepada
penulis selama masa PPL II berlangsung.
9.
Rekan-rekan seperjuangan yang telah mendukung dan memberi
arahan serta kritikan demi terselesainya laporan ini.
10.
Kepada semua pihak yang telah memberi dukungan, motivasi,
semangat, dan doa kepada kami.
Penulis
menyadari dalam penyusunan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini masih banyak
kekuranganyang terdapat di dalamnya, untuk itu penulis berharap adanya
kritikkan dan masukkan yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini dapat berguna
dan bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pihak lainpada umumnya.
Pacitan,
12 Oktober 2013
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL........................................................................................... i
HALAMAN
PENGESAHAN ........................................................................... ii
KATA
PENGANTAR ............................................................................................. iii
DAFTAR
ISI ...................................................................................................... v
DAFTAR
GAMBAR ........................................................................................ vii
DAFTAR
BAGAN ........................................................................................... viii
DAFTAR
TABEL .............................................................................................. ix
DAFTAR
LAMPIRAN ...................................................................................... x
BAB
I
GAMBARAN
UMUM SEKOLAH .................................................................. 1
A. Letak
Geografis ...................................................................................... 1
B. Sejarah
Singkat ....................................................................................... 4
C. Struktur
Organisasi ................................................................................. 5
D. Guru Dan
Karyawan................................................................................
6
E. Siswa ...................................................................................................... 11
BAB
II
HASIL
DAN ANALISIS ................................................................................. 14
A. Observasi
Pembelajaran ......................................................................... 14
B. Praktik
Pembelajaran ............................................................................. 17
1. Persiapan
Praktik Pembelajaran ....................................................... 17
2. Pelaksanaan
Praktik Pembelajaran ................................................... 18
C. Praktik
Persekolahan .............................................................................. 19
1. Administrasi
Sekolah ....................................................................... 19
a. Administrasi
Siswa .................................................................... 19
b. Administrasi
Personil ................................................................. 20
c. Adminstrasi
Kurikulum ............................................................. 23
d. Adminstrasi
Sarana Dan Prasarana ............................................ 24
e. Administrasi
Keuangan ............................................................. 24
f. Administrasi
Hubungan Masyarakat ......................................... 25
2. Pelaksanaan
Prinsip-Prinsip Supervisi Pendidikan Disekolah ......... 26
3. Pelaksanaan
Kegiatan Bimbingan Dan Konseling ........................... 26
4. Penyelenggaraan
Ekstrakurikuler ..................................................... 27
5. Pengelolaan
Pusat Sumber Belajar Atau Perpustakan...................... 28
D. Analisis
Hasil Pelaksanaan ..................................................................... 28
BAB III
PENUTUP ......................................................................................................... 31
A. Kesimpulan
............................................................................................ 31
B. Saran ...................................................................................................... 31
LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
Gambar
1.1 Lokasi SMKN Ngadirojo ........................................................... 2
Gambar
1.2 Denah SMKN Ngadirojo............................................................
3
DAFTAR BAGAN
Bagan
1.1 Struktur Organisasi SMKN Ngadirojo.............................................
5
Bagan
1.2 Struktur Tata Usaha SMKN Ngadirojo.......................................... 10
DAFTAR TABEL
Tabel
1.1 Daftar Guru UPT SMKN Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013............ 6
Tabel
1.2 Daftar Karyawan TU.............................................................................. 9
Tabel
1.3 Daftar Siwa Kelas X SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014....... 11
Tabel
1.4 Daftar Siwa Kelas XI SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014...... 11
Tabel 1.5 Daftar Siwa
Kelas XII SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014...... 12
Tabel 1.6 Data PSB dan
Siswa per Tingkat
SMKN Ngadirojo............................. 13
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1 Identitas Sekolah
Lampiran
2 Lembar Observasi Pengenalan Lapangan
Lampiran
3 Observasi Kegiatan Belajar Mengajar
Lampiran
4 Jadwal Mengajar Pend. Matematika
Lampiran
5 Silabus Menerapkan Operasi Pada Bilangan Riil Kelas X KR
Lampiran
6 RPP Menerapkan Operasi Pada Bilangan Riil Kelas X KR
Lampiran
7 Silabus Menerapkan Operasi pada Bilangan Irassional Kelas X AP
Lampiran
8 RPP Menerapkan Operasi pada Bilangan Irassional Kelas X AP
Lampiran
9 Silabus Menerapkan Konsep Logaritma Kelas X AP
Lampiran
10 RPP Menerapkan Konsep Logaritma Kelas X AP
Lampiran
11 Daftar Nilai Siswa Kelas X KR Tahun Ajaran 2013/2014
Lampiran
12 Daftar Nilai Siswa Kelas X AP Tahun Ajaran 2013/2014
Lampiran
13 Daftar Absensi Siswa X KR Tahun Ajaran 2013/2014
Lampiran
14 Daftar Absensi Siswa X AP Tahun Ajaran 2013/2014
Lampiran
15 Catatan Kegiatan Harian
Lampiran
16 Potho Kegiatan
BAB I
GAMBARAN
UMUM SEKOLAH
A.
Letak
Geografis
SMK
Negeri Ngadirojo adalah salah satu sekolah kejuruan di Kecamatan Ngadirojo.
Sekolah yang terletak di Jalan Raya Lorok-Trenggalek Rt 02 Rw 05 Desa
Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo ini merupakan sekolah yang mudah dikenali karena
posisinya yang terletak di pingg
ir jalan raya yang banyak dilewati
kendaraanโkendaraan umum maupun pribadi yang mempermudah akses menuju sekolah
ini. Secara geografis, sekolah ini terletak di belahan bumi sebelah timur dari Kabupaten
Pacitan.
Batas-batas
wilayah SMK Negeri Ngadirojo adalah sebagai berikut:
1.
Selatan : Berbatasan dengan Jalan Raya
Lorok-Trenggalek
2.
Utara : Berbatasan dengan tebing
3.
Barat : Berbatasan dengan sawah dan pemukiman penduduk
4.
Timur : Berbatasan dengan sawah dan pemukiman
penduduk
Karena
letaknya yang strategis dajlsn mudah dijangkau oleh masyarakat inilah yang
menyebabkan SMK Negeri Ngadirojo banyak diminati oleh warga masyarakat sekitar.
Murid-murid sekolah ini tidak hanya berasal dari desa hadiwarno saja, melainkan
juga berasal dari Tulakan, Sudimoro, Desa Hadiluwih, Desa Sidomulyo, Desa
Jetak, Desa Nglaran, dan lain sebagainya.
Siswa-siswi
yang berada di 18 Desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Ngadirojo dalam
radius 0 sampai dengan 6,5 km dari sekolah dapat menempuh perjalanan ke sekolah
ini dengan mudah. Hal ini tidak
terlepas dari letak geografis Kecamatan Ngadirojo sendiri yang termasuk jalur transportasi utama yang
menghubungkan Kabupaten Ngadirojo dengan Kabupaten Panggul dan desa-desa lain di Kabupaten Pacitan.
1
|
Gambar
1.1 Lokasi SMKN Ngadirojo
Gambar
1.2 Denah SMKN Ngadirojo
B.
Sejarah
Singkat
SMK
Negeri Ngadirojo berdiri pada tangga l8 Juni 2004 yang disahkan oleh Bapak
Bupati Sutrisno. Semula sekolah ini didirikan secara terpadu (sekolah satu
atap) dengan SMP Negeri 3 Ngadirojo dan termasuk sekolah yang pertama kali
membuka jurusan di bidang Budidaya Ikan Air Laut. Sekolah ini pertama kali dikepalai
oleh Bapak Kardjuni, S.Pd. yang juga menjabat sebagai kepala sekolah di SMP
Negeri 3 Ngadirojo. Pada saat penerimaan murid baru, siswa yang terdaftar
pertama kali sejumlah 24 siswa. Dan sebagian besar guru yang mengajar di SMK
Negeri Ngadirojo berasal dari SMP Negeri 3 Ngadirojo.
Pada
tahun 2005/2006, SMK Negeri Ngadirojo mulai menambah jurusan baru yaitu program
keahlian Budidaya Tanaman Pangan (BTP) dan Teknik Mekanik Otomotif (TMO). Pada
tahun 2006/2007 sekolah ini membuka program keahlian lain yaitu program
keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan pada tahun ini pula, jabatan kepala sekolah dipegang
oleh Bapak Sunaryono, M.Pd. yang masa jabatannya berlangsung hingga bulan Mei
2012.
Fasilitas
gedung pertama kali didirikan ditanah SMP Negeri 3 Ngadirojo, kemudian pada
tahun 2008 dirintislah lokasi baru yang diberi dana oleh Pemda senilai 420 juta dengan luas 6447 m2.
Semula tanah tersebut berupa sawah milik penduduk sekitar. Pada saat yang sama,
sekolah ini mendapat bantuan hibah ruang kelas baru dari Dirjen DIKMENJUR
sebanyak 2 lokal yang berupa bangunan jadi dan di tempati menjadi 2 kelas. Dan
pada tahun ini pula dibuka program keahlian baru yaitu program keahlian
Akuntansi.
Pada
tahun 2009, sekolah ini mendapat bantuan hibah dari Pemprov sejumlah 1 lokal,
dari komite sejumlah 2 lokal, dan pada tahun 2010 juga mendapat hibah dari
pemerintah pusat sejumlah 2 lokal. Setiap ada bangunan kelas yang jadi, maka
ruangan itu siap untuk ditempati. Tahun 2011, sekolah ini mendapat ruang kelas
baru sejumlah 10 lokal dari pemerintah provinsi, dan mendapat bantuan 1 unit ruang praktik
untuk jurusan Otomotif. Pada tahun 2012, SMK Negeri Ngadirojo membuka jurusan
baru yaitu program keahlian Kecantikan Rambut (KR). Secara resmi sekolah ini
pindah ke gedung baru pada bulan Juli 2012 dengan dikepalai oleh Bapak Drs. Sutomo,
M.Pd yang menjabat sejak bulan Mei 2012 sampai sekarang.
Adapun
Kepala Sekolah yang pernah menjabat di SMK Negeri Ngadirojo adalah:
1. Bapak
Kardjuni, S.Pd. dari tahun 2004-2007
2. Bapak
Sunaryono, M.Pd. dari tahun 2007-bulan Mei 2012
3. Bapak
Drs. Sutomo, M.Pd. dari bulan Mei 20012-sekarang
C.
Struktur
Organisasi
Guru
(76 Guru)
|
Siswa
(805 Siswa)
|
KEP.SEK
Drs. Sutomo, M.Pd.
NIP. 196505241993031005
|
DU/DI
|
KOMITE
SEKOLAH
|
KA PERPUSTAKAAN
Susi
Wahyu Ariani, S.Pd.
NIP.
196603032006042014
|
KASUBAG
TU
Bambang
Sukamto
NIP.
19630131198602100
|
WKS.
KURIKULUM
Hardianto,
S. Si.
NIP.
197004082006041004
|
WKS.
KESISWAAN
Pramuda Ali
F., SE.
NIP.
197706102008011010 010197410282008011005
|
WKS.
SARPRAS
Bayu Arif
Yanto.
NIP.
198103112008012010
|
WKS. HUMAS
Mukayit,
S.Pd.
NIP.
195806141981021001
|
KAPROLI.
TKR
Drs. Dwi
Nursamsi
NIP.
19630112006041003
|
KAPROLI.
TKJ
Hari Susilo
Wibowo
NIP.
198303242010011023
|
KAPROLI.
ATPH
Mirnawati,
SP.
NIP.
198309202009032010
|
KAPROLI.
APSP
Heri
Prasetyo, S.Pi.
NIP.
198001142008011006
|
KAPROLI. AK
Anjar
Purniwiety, SE.
NIP.
197407032008012007
|
KAPROLI. KR
Yenny Indra
Rahmawati, SP.
|
Bagan
1.1 Struktur Organisasi UPT SMK Negeri Ngadirojo
|
D.
Guru
dan Karyawan
Tabel
1.1 Daftar Guru UPT SMK Negeri Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013
NO
|
NAMA
GURU
|
NIP
|
GURU
PELAJARAN
|
1.
|
Drs.
Sutomo, M.Pd
|
19650524
199303 1 005
|
Kepsek / Bhs.
Indonesia
|
2
|
Sularno,
S.Ag
|
19710208
200604 1 014
|
Agama Islam
|
3
|
Sukatman,
S.Ag
|
19730121
200801 1 004
|
Agama Islam
|
4
|
Drs. Suhartanto
|
19670215
200604 1 007
|
P. Kn
|
5
|
19710523
200701 2 010
|
P. Kn
|
|
6
|
Susi Wahyu Ariani, S.Pd
|
19650403
200801 1 009
|
Bhs. Indonesia
|
7
|
Sulyatin, S.Pd
|
19741028
200801 1 005
|
Bhs. Indonesia
|
8
|
Mujiono, S.Pd
|
-
|
Bhs. Indonesia
|
9
|
Gunarjo, S.Pd
|
19610208
198303 1 020
|
Penjasorkes
|
10
|
Edi Susanto, S.Pd
|
510 175
824
|
Penjasorkes
|
11
|
Anang
Sujarwanto, S.Pd
|
-
|
Penjasorkes
&Bhs. Jawa
|
12
|
Sularni, S.Pd
|
19650310
198603 2 020
|
Seni Budaya
|
13
|
Ida Nuryanti, S.Pd
|
-
|
Seni Budaya
& Produktif KK
|
14
|
Dwi Setyo Budi Warsito, S.Pd
|
19730902
200701 1 009
|
Bhs. Inggris
|
15
|
Kukuh Santoso, S.Pd
|
19800114
200801 1 006
|
Bhs.Inggris
|
16
|
Tri Widhowati, S.Pd
|
-
|
Bhs.Inggris
|
17
|
Kusnanto, S.Pd
|
-
|
Bhs.Inggris
|
18
|
Endah Tri Handayani, S.Pd
|
-
|
Bhs.Inggris
|
19
|
Lis Purnomo S.Pd
|
-
|
Bhs.Inggris
|
Tabel
1.1 Daftar Guru UPT SMK Negeri Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013
NO
|
NAMA
GURU
|
NIP
|
GURU
PELAJARAN
|
20
|
Mukayit, S.Pd
|
19580614
198102 1 001
|
Matematika
|
21
|
Bambang Winarno,S. Pd
|
19680820
199601 1 001
|
Matematika
|
22
|
Siti Marfuโah, S.Pd
|
19700912
200501 2 010
|
Matematika
|
23
|
Pujiono, S.Pd
|
19710301
200212 1 004
|
Matematika
|
24
|
19650911 198903 1 010
|
Matematika
|
|
25
|
Wartini, S.Pd
|
19680408
200501 2 012
|
IPA
|
26
|
Alim Hidayati, S.Si
|
19690404
200801 2 022
|
IPA
|
27
|
Rila Aris Purwinggani, S.Si
|
-
|
IPA
|
28
|
Saudatun, S.Pd
|
-
|
IPA
|
29
|
Eko
Budiyono, S.Pd
|
-
|
Fisika
|
30
|
Hardiyanto, S.Si
|
19700408
200604 1 004
|
Fisika
|
31
|
Katmiatin,
S.Pd
|
-
|
Fisika & Kimia
|
32
|
Zakki
Kistoso, ST., MM
|
19750413
200903 1 002
|
Kimia
|
33
|
Supriyanto,
S.Si
|
-
|
Biologi & Kimia
|
34
|
Hendrik
Milono, S.Pd
|
19680518
200701 1 019
|
IPS/Sejarah
|
35
|
Kristiana
Nasrudin, SE
|
-
|
IPS
|
36
|
Joko
Milandi, S.Pd
|
-
|
IPS
|
37
|
Dian
Wulandari , S.Pi
|
19830409
200903 2 011
|
KKPI
|
38
|
Sefilia
Adhi Nugroho, S.Kel
|
19840923
200903 1 003
|
KKPI
|
39
|
Wisnu
Irawan, S.Pd
|
-
|
Matematika
|
40
|
Nurul
Agustinaningsih, S.Pd
|
19740808
200701 2 011
|
Kewirausaahan
|
41
|
Ali
Sadiqin, SE
|
-
|
Kewirausaahan
|
42
|
Drs. Dwi Nursjamsi
|
19630111
200604 1 003
|
Produktif TKR
|
43
|
Drs. Sumardi
|
-
|
Produktif TKR
|
Tabel
1.1 Daftar Guru UPT SMK Negeri Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013
NO
|
NAMA
GURU
|
NIP
|
GURU
PELAJARAN
|
44
|
Drs. Muhammad Masykur
|
19681212
200701 1 032
|
Produktif TKR
|
45
|
Nur Alam Windu K., S.Pd
|
19790130
200903 1 002
|
Produktif TKR
|
46
|
RisangEka Wijaya, S.Pd
|
19850807
201001 1 023
|
Produktif TKR
|
47
|
Sudi Handoyo, SP
|
-
|
Produktif TKR
|
48
|
Dwi Pranoto, SE
|
-
|
Produktif TKR
|
49
|
Hari Susilo Wibowo, S.Kom
|
19830324
201001 1 023
|
Produktif TKJ
|
50
|
Anang Cahyo Purnomo, ST
|
19780115
200903 1 004
|
Produktif TKJ
|
51
|
Ahmad Fahmi, S.Kom
|
19850510
200903 1 006
|
Produktif TKJ
|
52
|
Taufik
Wahyu Nugroho, S.Kom
|
-
|
Produktif
TKJ
|
53
|
Yudha
Catur Wisesa, S.Kom
|
-
|
Produktif
TKJ
|
54
|
Titah
Novitasari, S.T
|
-
|
Produktif
TKJ
|
55
|
Yenny Indra
rahmawati, SP
|
-
|
Produktif
KR
|
56
|
Nining
Faryaningsih, S.Pd
|
-
|
Produktif
KR
|
57
|
Mirnawati,
SP
|
19850510
200903 1 006
|
Produktif
ATPH
|
58
|
Hariyanti,
SP
|
19770917
200903 2 001
|
Produktif
ATPH
|
59
|
Joko
Triyono, S.TP
|
19730712
200801 2 008
|
Produktif
ATPH
|
60
|
Veranica
In Haryanto, SP
|
19850320
200903 2 011
|
Produktif
ATPH
|
61
|
Heri
Prasetyo, S.Pi
|
19810311
200801 2 010
|
Produktif
AP
|
Tabel
1.1 Daftar Guru UPT SMK Negeri Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013
NO
|
NAMA
GURU
|
NIP
|
GURU
PELAJARAN
|
62
|
Bayu Arif
Yanto, M.Si
|
19810311
200801 2 010
|
Produktif
AP
|
63
|
Lalilatun
Musfiroh, S.Pi
|
19620710
200604 2 002
|
Produktif
AP
|
64
|
Redi
Yuniarto, S.Pi
|
19830603
200903 1 004
|
Produktif
AP
|
65
|
Elya
Mufidah, M.Si
|
19850225
200903 2 007
|
Produktif
AP
|
66
|
Anjar
Purwinieti, SE
|
19690404
200801 2 022
|
Produktif
AK
|
67
|
Sri
Wahyuni, S.Pd
|
19730108
200701 2 014
|
Produktif
AK
|
68
|
Insyah,
S.Pd
|
19691208
200701 1 031
|
Produktif
AK
|
69
|
Pramuda
Ali Faizin, SE
|
19770610
200801 1 010
|
Produktif
AK
|
70
|
Aestri
Fatimatul W., S.Pd
|
-
|
Mulok/
Bhs. Jawa
|
71
|
Wahyuni,
S.Pd
|
-
|
Mulok/
Bhs. Jawa
|
72
|
Wahyu
Handarini, S.Pd
|
-
|
Mulok/
Bhs. Jawa
|
73
|
Fitri
Andriany Puspika, S.Pd
|
-
|
Kimia
|
74
|
Siswadi,
S.Pd., M.Pd
|
19551010
198203 1 033
|
BP/BK
|
75
|
Rony
Indarto, S.Psi
|
19760419
200903 1 001
|
BP/BK
|
76
|
Wawang Setyo Prambudi,
S.Pd
|
-
|
BP/BK
|
Tabel 1.2 Daftar Karyawan TU
|
|||
NO.
|
NAMA
|
NIP.
|
JABATAN
|
1
|
Bambang Sukamto
|
19630131
198602 1 001
|
KTU
|
2
|
Miselan, S.Pd
|
-
|
TU
|
3
|
Ganesha Megawarizky
|
-
|
TU
|
4
|
Senly Hanisah
|
-
|
TU
|
5
|
Totok Purwoko
|
-
|
TU
|
Tabel
1.2 Daftar Karyawan TU
|
|||
6
|
Sucipto
|
-
|
TU
|
7
|
Eka Yuliana
|
-
|
TU
|
8
|
Puput
Saputra
|
-
|
TU
|
9
|
Cahyani Sumunar Edi
|
-
|
TU
|
10
|
Yenny Nuraini
|
-
|
TU
|
11
|
Rendi Triyuono
|
-
|
TU
|
12
|
Dinar Hidayat Eka Putra
|
-
|
TU
|
Kasubag.
Tata Usaha
Bambang
Sukamto, SE.
NIP. 19630131198602
1001
|
Kepegawain
Bambang
Sukamto, SE.
NIP.
19630131198602
1001
|
Bendahara
Miselan
NIP.196406202000031003
|
Inventaris
Puput
Saputra
NIP.-
|
Kesekreta-riatan
Eka Yuliana
NIP.-
|
Kesiswaan
Cahyani
Sumunar Edi
NIP: -
|
Perpusta-kaan
Dinar Hidayat Eka
Putra
|
Adminis-trasi
Senly
Hanisah
NIP.-
|
Teknisi
Dinar
Hidayat Eka Putra
NIP. -
|
Penjaga
Malam
Rendy
Triyuono
NIP. -
|
Kebersihan
Tatok Purwoko dan Sucipto
|
Kurir
Puput
Saputra
NIP. -
|
Bagan
1.2 Struktur Tata Usaha di SMK Negeri Ngadirojo
|
E.
Siswa
Tabel 1.3
Jumlah Siswa X SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014
|
||||||
NO
|
KELAS
|
JUMLAH SISWA
|
JUMLAH
|
|||
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
KESELURUHAN
|
||||
1
|
X. TOKR1
|
31
|
-
|
31
|
||
2
|
X. TOKR2
|
31
|
-
|
31
|
||
3
|
X. TOKR3
|
32
|
-
|
32
|
||
4
|
X. TKJ1
|
20
|
16
|
36
|
||
5
|
X. TKJ2
|
18
|
18
|
36
|
||
6
|
X. KR
|
-
|
19
|
19
|
||
7
|
X. ATPH
|
4
|
9
|
13
|
||
8
|
X. AP
|
23
|
14
|
37
|
||
9
|
X. AK1
|
3
|
33
|
36
|
||
10
|
X. AK2
|
|
34
|
34
|
||
Jumlah Kelas
X : 10 Kelas
|
162
|
143
|
305
|
|||
Tabel 1.4
Jumlah Siswa XI SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014
|
||||||
NO
|
KELAS
|
JUMLAH SISWA
|
JUMLAH
|
|||
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
KESELURUHAN
|
||||
11
|
XI. TOKR1
|
31
|
-
|
31
|
||
12
|
XI. TOKR2
|
32
|
-
|
32
|
||
13
|
XI. TKJ1
|
19
|
17
|
36
|
||
14
|
XI. TKJ2
|
18
|
16
|
34
|
||
15
|
XI. KR
|
-
|
9
|
9
|
||
16
|
XI. ATPH
|
24
|
11
|
35
|
||
17
|
XI. AP1
|
10
|
12
|
22
|
||
18
|
XI. AP2
|
9
|
11
|
20
|
||
19
|
XI. AK1
|
7
|
22
|
29
|
||
20
|
XI. AK2
|
5
|
24
|
29
|
||
Jumlah
Kelas XI :
10 Kelas
|
155
|
122
|
277
|
|||
Tabel 1.5
Jumlah Siswa XII SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014
|
||||
NO
|
KELAS
|
JUMLAH SISWA
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
KESELURUHAN
|
||
21
|
XII. TOKR1
|
27
|
-
|
27
|
22
|
XII. TOKR2
|
27
|
-
|
27
|
23
|
XII. TOKR3
|
26
|
-
|
26
|
24
|
XII. TKJ1
|
13
|
14
|
27
|
25
|
XII. TKJ2
|
14
|
13
|
27
|
26
|
XII. TKJ3
|
13
|
13
|
26
|
27
|
XII.KR
|
-
|
6
|
6
|
28
|
XII. ATPH
|
3
|
4
|
7
|
29
|
XII. AP
|
5
|
14
|
19
|
30
|
XII. AK
|
5
|
26
|
31
|
Jumlah
Kelas XII :
10Kelas
|
133
|
90
|
223
|
|
Jumlah Keseluruhan :
30Kelas
|
450
|
355
|
805
|
Keterangan :
TOKR : Teknik OtomotifKendaraan Ringan
TKJ : Teknik Komputer dan Jaringan
KR : Kecantikan Rambut
ATPH : Agribisnis Tanaman Pangan dan
Holtikultura
AP : Agribisnis Perikanan
AK : Akuntansi
Tabel 1.6 Data PSB dan Siswa per Tingkat SMK Negeri Ngadirojo
NO
|
BIDANG KEAHLIAN/
JURUSAN
|
KELAS
|
JML
|
|||||||
X
|
XI
|
XII
|
JML
|
|||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
1.
|
Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
|
94
|
-
|
63
|
-
|
80
|
-
|
237
|
-
|
237
|
2.
|
Teknik
Komputer dan Jaringan(TKJ)
|
38
|
34
|
37
|
33
|
40
|
40
|
115
|
107
|
222
|
3.
|
Agribisnis
Tanaman Pangan& Holtikultura (ATPH)
|
4
|
9
|
24
|
11
|
3
|
4
|
31
|
24
|
55
|
4.
|
Agribisnis
Perikanan
(AP)
|
23
|
14
|
19
|
23
|
5
|
14
|
47
|
51
|
98
|
5.
|
Akuntansi (AK)
|
3
|
67
|
12
|
46
|
5
|
26
|
20
|
139
|
159
|
6.
|
Kecantikan
Rambut
(KR)
|
-
|
19
|
-
|
9
|
-
|
6
|
-
|
34
|
34
|
BAB
II
HASIL
DAN ANALISIS
A.
Observasi
Pembelajaran
Observasi
pembelajaran adalah kegiatan peninjauan yang dilakukan
mahasiswa praktikan terhadap proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan
guru pamong di dalam kelas. Dalam pelaksanaannya, sebelum
melaksanakan observasi pembelajaran di kelas, mahasiswa praktikan
harus berkonsultasi dengan guru pamong. Tujuan dari diadakannya observasi
pembelajaran adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru mengajar mata
pelajaran Matematika di kelas dan
menjadi acuan bagi mahasiswa
praktikan untuk mengajar di sekolah tersebut. Selama observasi berlangsung,
mahasiswa praktikan menilai guru pamong yang sedang mengajar dengan format
penilaian yang sudah ditentukan. Hal-hal yang diobservasi dalam kegiatan
belajar mengajar antara lain:
1.
Keterampilan membuka
pelajaran
2.
Keterampilan
menjelaskan materi
3.
Interaksi pembelajaran
4.
Keterampilan bertanya
5.
Keterampilan memberikan
penguatan
6.
Keterampialn
menggunakan waktu
7.
Keterampilan menutup
pelajaran
Observasi
pembelajaran dilaksanakan dari hari Senin,
2 September 2013 sampai dengan
hari Rabu, 4 September 2013.
Pada hari pertama, yaitu Senin.
2 September 2013, observasi
kegiatan belajar mengajar pelajaran Matematika
di kelas XI AK 1 dan 2 bersama Bpk Joko Witono S.Pd selaku guru pamong di kelas
ini perserta PPL memperkenalkan diri kepada siswa-siswi. Pada jam
pelajaran ke 6 sampai ke 7 melakukan
observasi di kelas XI TKJ 1
bersama Bpk Bambang Winarno S.Pd dengan materi Trigonometri.
14
|
Pada
hari Rabu, 04 September 2013, observasi
kembali dilakukan yaitu di kelas XI
TOKR1 bersama
Bpk Zakky Kistoso,ST,MM dengan mata pelajaran Kimia, disini peserta PPL
disuruh memperkenalkan diri satu persatu maju ke depan. Sedangkan pada hari kamis 5 september 2013 saya sudah
disuruh mengajar dikelas X APSP. Dalam observasi
pembelajaran, mahasiswa praktikan tidak hanya melihat proses belajar mengajar
yang dilakukan guru melainkan juga memperkenalkan diri kepada para siswa.
Hal-hal yang diamati pada saat observasi pembelajaran berlangsung adalah:
1. Keterampilan membuka
pelajaran
Pada kegiatan awal, pelajaran dibuka
dengan salam dan Bassmallah, kemudian siswa berdoa terlebih dahulu, kegiatan
ini bertujuan agar siswa terbiasa membaca doa sebelum memulai segala sesuatu.
Setelah berdoa kemudian menyayikan lagu Indonesia raya kegitan ini bertujuan
menumbuhkan cinta terhadap tanah air. Setelah membaca doa, guru mengabsensi
para siswa dengan tujuan agar guru mengetahui siswa yang mengikuti proses
pembelajaran dan tidak. Setelah mengabsensi
guru memberikan apersepsi atau gambaran tentang materi yang akan
disampaikan kepada siswa. Apersepsi bertujuan untuk menarik perhatian siswa
agar siswa semangat dalam proses belajar mengajar. setelah apersepsi
menjelaskan pokok materi yang akan dipelajari.
2. Keterampilan
menjelaskan materi
Sebelum materi disajikan, guru
mempersilahkan mahasiswa praktikan untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu
kepada siswa. Hal ini bertujuan agar para siswa dapat berkenalan lebih dalam
lagi dengan mahasiswa praktikan dan dapat belajar bersama pada kesempatan
selanjutnya. Setelah semua mahasiswa praktikan memperkenalkan diri, guru mulai
menyampaikan materi. Penekanan terhadap hal yang penting selalu diulang-ulang
oleh guru dengan tujuan agar siswa lebih mudah memahami materi tersebut.
Guru menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab,
dan menggunakan papan tulis sebagai media dalam pembelajaran. Peserta PPL
memperkenalkan diri didepan siswa-siswi secara bergantian.
Dalam penyajian pelajaran, guru
menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dimana peserta didik
lebih aktif dibandingkan guru. Guru hanya berperan sebagai pembimbing dan
motivator.
3.
Interaksi
pembelajaran
Guru melibatkan siswa dalam proses
kegiatan belajar mengajar. Hal ini bertujuan agar siswa dapat lebih aktif di
dalam kelas. Interaksi
pembelajaran sudah cukup baik dimana sudah ada rangsangan dan
umpan balik yang dilakukan baik oleh guru maupun siswa.
4.
Keterampilan
bertanya
Guru bertanya kepada siswa tentang
materi pembelajaran, tetapi siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan
penjelasan dari guru.
5. Keterampilan memberikan
penguatan
Guru dalam penyampaian materi pelajaran
memberikan tekanan atau penguatan yang dilakukan untuk pemahaman siswa agar
lebih bisa dipahami dan diingat dengan mengulang bacaan, menjelaskan materi
sesuai dengan soal dan memberikan perumusan.
6.
Keterampilan
menggunakan waktu
Pemanfaatan waktu oleh guru kurang
maksimal. Karena siswa cenderung pasif dan guru harus menjelaskan materi lebih
mendalam, sehingga memakan waktu lebih lama. Dalam waktu 3 jam guru hanya mampu
menjelaskan materi sedikit.
7.
Keterampilan
menutup pelajaran
Sebelum menutup pelajaran, guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang sudah
diajarkan. Guru juga memberikan kesimpulan tentang materi yang diajarkan dan
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.Setelah
itu, guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan diakhiri dengan salam.
Dari
observasi kelas yang telah penulis lakukan dapatdisimpulkan
bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik, namun ada beberapa
kekurangan. Hal ini disebabkan karena waktu pembelajaran yang hanya 1 jam (40
menit), kendala dari peserta didik, guru, perlengkapan sekolah yang kurang
memadai, dan keadaan lingkungan sekolah yang belum menunjang dalam proses
kegitan belajar mengajar.
Selain observasi kegiatan belajar mengajar,
mahasiswa praktikan juga melakukan observasi pengenalan lapangan atau observasi sekolah
yang dilaksanakan pada hari Senin, 2
September 2013.
Observasi sekolah dilakukan oleh
mahasiswa praktikan dengan tujuan untuk
mengetahui keadaan
lingkungan sekolah, ruangan-ruangan
dan fasilitas yang terdapat di sekolah tersebut, para
guru-guru,tata usaha, dan para siswa. Adapun
hasil dari observasi pengenalan
Lapangan atau observasi sekolah disertakan di
bagian lampiran.
B.
Praktik
Pembelajaran
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah
satu media yang bermanfaat bagi mahasiswa untuk
mengaplikasikan keterampilan mengajar dan materi yang sudah dipelajari di
kampus. Dapat dikatakan bahwa PPL adalah suatu program yang merupakan ajang
pelatihan untuk menerapkan, menanamkan, dan menumbuhkan berbagai pengetahuan,
keterampilan, dan sikap dalam rangka pembentukan calon guru yang profesional.
1.
Persiapan
Praktik Pembelajaran
Sebelum
melaksanakan praktik pembelajaran, terlebih dahulu mahasiswa praktikan
berkonsultasi dengan masing-masing guru pamong tentang kelas apa saja yang akan
diajar, materi apa saja yang akan disampaikan, Jadwal mengajar, Silabus, dan
RPP.
Hal-hal
yang dipersiapkan mahasiswa praktikan sebelum mengadakan praktik pembelajaran
adalah:
a. Penyusunan
Silabus dan RPP.
Silabus
merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran,
pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. RPP dibuat berdasarkan Silabus
yang sudah ada. RPP digunakan sebagai
pedoman dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sebelum mengajar di kelas,
mahasiswa praktikan harus membuat RPP dan dikonsultasikan terlebih dahulu
kepada guru pamong. Adapun Rencana Pelaksanaan
Pembelajarannya terlampir.
b. Penguasaan
Materi.
Pada
persiapan ini, guru pamong memberikan beberapa materi yang harus disampaikan
kepada siswa kelas X, diantaranya: Bilangan Berpangkat, Sifat-sifat Bilangan
Berpangkat, dan Operasi Bilangan Berpangkat.
Selain itu, mahasiswa praktikan dapat menggunakan buku pedoman yang telah
diberikan oleh guru pamong.
c. Pembagian
Jadwal Mengajar.
Pembagian jadwal mengajar diberikan oleh guru pamong
masing-masing jurusan. Saya mendapat bagian kelas X KR
dan Kelas X APSP.
Selain
pembagian jadwal mengajar, mahasiswa praktikan juga membuat daftar piket harian
untuk penyebaran dan pembagian yang merata, karena di SMK Negeri Ngadirojo
menggunakan 2 shift mengajar yaitu pagi dan siang.
2.
Pelaksanaan Praktik Pembelajaran
Praktik
pembelajaran di kelas dilaksanakan setelah mahasiswa praktikan melaksanakan
observasi sekolah dan observasi guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Praktik mengajar dilaksanakan seorang mahasiswa praktikan minimal sebanyak 8
kali, dimana 7 kali untuk praktik pembelajaran
dan 1 kali digunakan untuk ujian mengajar di kelas. Adapun hal-hal yang
diperhatikan dalam kegiatan ini, yaitu:
a. Membuka Pelajaran
Pada saat jam pelajaran pertama diserahkan untuk berdoa, menyayikan
lagu Indonesia raya, salam pembuka, absen siswa, penyampaian tujuan
pembelajaran dan apersepsi
b. Menyampaikan Materi
Dalam penyampaian materi pelajaran digunakan beberapa metode yang
sesuai dan media yang sesuai pula dengan materi yang
diajarkan. Adapun
teknik yang dilakukan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan siswa diminta
untuk aktif di kelas. Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan
dengan RPP yang sudah dibuat. Dalam pengajaran Matematika yang perlu ditekankan adalah penyampaian konsep yang benar,
agar siswa tidak bingung dan materi yang di sampaikan juga harus jelas.
c. Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi ini merupakan alat untuk mengetahui sejauh
mana proses pembelajaran berhasil. Dari evaluasi ini keberhasilan pembelajaran
dapat diketahui maka perlu adanya penilaian dari beberapa aspek yang meliputi
pengelolaan kelas, keaktifan siswa, perhatian dan penampilan siswa dalam kelas
serta perubahan pengetahuan siswa.
d. Menutup Pembelajaran
Pada saat menutup kegiatan pembelajaran mahasiswa
praktikkan memberikan beberapa garis besar dari penyampaian materi yang telah
disampaikan dan diakhiri dengan mengucap salam.
C.
Praktik
Persekolahan
1.
Administrasi
Sekolah
Mahasiswapraktikan
tidak hanya melakukan praktik pembelajaran, tetapi juga melaksanakan praktik
persekolahan. Hal ini berkaitan dengan administrasi yang menunjang pelaksanaan
kegiatan pendidikan di sekolah. Praktik persekolahan ini dilaksanakan sejak tanggal
2 September sampai 12 Oktober 2013. Administrasi
yang dilakukan mahasiswa praktikan di SMK Negeri Ngadirojo antara lain:
a.
Administrasi
Siswa
Administrasi siswa bertujuan untuk melakukan
pencatatan data siswa secara tertib dan teratur. Pencatatan siswa ini dilakukan
begitu siswa mendaftar sebagai calon siswa baru di SMKN Ngadirojo, Kecamatan
Ngadirojo.
Ruang Lingkup administrasi kesiswaan antara
lain :
1) Data penerimaan siswa baru
2) Data pengelompokkan siswa
3) Data MOS
4) Daftar hadir siswa
5) Mutasi siswa
6) Buku induk siswa
7) Administrasi BK
8) Administrasi UKS
Siswa di SMKN Ngadirojo terdiri dari laki โ
laki dan perempuan dengan jumlah keseluruhan
siswa 805 siswa.
Mahasiswa
praktikan jurusan pendidikan
matematika praktek pembelajaran di 2 kelas. Setiap mengadakan praktek pembelajaran di
kelas, mahasiswa praktikan tidak hanya mengecek daftar hadir siswa, namun juga
mengambil nilai dari masing-masing siswa. Adapun
daftar hadir dan penilaian terlampir.
b.
Administrasi
Personil
Pada kegiatan berlangsungnya di SMKN Ngadirojo
unsur manusia memegang peranan yang sangat penting untuk membutuhkan
pelaksanaan program sekolah. Sebuah sekolah membutuhkan tenaga edukatif dan
administratif dengan maksud untuk mendukung kelancaran proses kegiatan belajar ,mengajar di sekolah. Pegawai atau personalia
sekolah akan menjalankan tugasnya dalam mengelola, memberdayakan sumberโsumber
yang ada dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
Terdapat
empat prinsip dasar manajemen personalia yaitu : (a) dalam mengembangkan sekolah,
sumber daya manusia adalah komponen paling berharga; (b) sumber daya manusia
akan berperan secara optimal jika dikelola dengan baik, sehingga mendukung
tujuan institusional; (c) kultur dan suasana organisasi di sekolah, serta
perilaku manajerial sekolah sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan
pengembangan sekolah ;dan (d) manajemen personalia di sekolah pada prinsipnya
mengupayakan agar setiap warga dapat bekerja sama dan saling mendukung untuk
mencapai tujuan sekolah.
Adapun ruang lingkup pekerjaan administrasi
personil atau kepegawaian antara lain :
1)
Dalam penyampaian materi pelajaran digunakan beberapa metode yang
sesuai dan media yang sesuai pula dengan materi yang
diajarkan. Adapun
teknik yang dilakukan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan siswa diminta
untuk aktif di kelas. Pelaksanaan pembelajaran
disesuaikan dengan RPP yang sudah dibuat. Dalam pengajaran Matematika yang perlu ditekankan adalah penyampaian
konsep yang benar, agar siswa tidak bingung dan materi yang di sampaikan juga
harus jelas.
2) Buku Induk Pegawai
3) Mutasi Pegawai
4) Cuti Pegawai
5) BP3
6) Kendali kenaikan Pangkat
7) Kendali Kenaikan Gaji Berkala
8) Absensi guru / pegawai
9) Daftar Urut Kepangkatan
10) File Pegawai
11) Legalisisai surat โ surat milik guru
Unsur pokok dari personalia di SMKN Ngadirojo
adalah :
1)
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
tergolong administrator yang tugasnya melaksanakan kebijakan, peraturan
dan ketentuan yang telah digariskan dan ditetapkan oleh instansi atau lembaga
yang lebih tinggi. Disamping memberi tugas dan tanggung jawab pada guru
sekolah, kepala sekolah juga perlu memperhatikan kesejahteraan kepentingan
maupun inspirasi para guru.
Secara terinci tugas kepala sekolah antara lain :
a)
Proses belajar mengajar
b)
Kesiswaan
c)
Kepegawaian
d)
Perlengkapan
e)
Keuangan
f)
Hubungan masyarakat
g)
Ketatausahaan sekolah
Dalam urusan kepegawaian kepala sekolah mempunyai tugas
khusus dan bertanggung jawab :
a)
Merencanakan kebutuhan, pengadaan dan
pengangkatan calon pegawai atau guru.
b)
Melaksanakan pembinaan pegawai atau guru
c)
Pemindahan, pemberhentian, pensiun, cuti pegawai
d)
Menyelenggarakan ketatalaksanaan urusan pegawai.
2)
Wakil kepala sekolah
Tugas wakil kepala sekolah ialah membantu kepala sekolah
menyalurkan pekerjaannya. Kedudukannya adalah membantu dan pekerjaannya
menyalurkan beberapa kegiatan administrasi yang dilimpahkan padanya.
3)
Pegawai tata usaha Sekolah
Tata usaha merupakan tenaga administrasi yang diangkat
secara resmi. Kedudukannya dibawah kepala sekolah, tugasnya mengerjakan
kegiatan administrasi yang telah ditetapkan yaitu yang berhubungan dengan
ketatalaksanaan kantor sekolah.
4)
Guru (Dewan guru)
Kedudukan guru adalah sentral artinya menduduki inti dari
fungsi sekolah. Tugas guru mengajar dan mendidik tanggung jawab guru dalam
bidang proses pengajaran meliputi :
a)
Tujuan khusus belajar mengajar
b)
Materi dan kegiatan belajar mengajar
c)
Metode belajar mengajar
d)
Pemanfatan media belajar mengajar
e)
Membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar.
f)
Koordinator bimbingan dan penyuluhan.
Tugas dari personal inti antara lain :
a)
Menyusun program-program bimbingan dan penyuluhan
b)
Memonitor pelaksanaan program bimbingan dan
penyuluhan
c)
Mengkoordinasikan dan mengatur pembagian tugas
petugas bimbingan dan penyuluhan.
5)
Wali kelas
Tugasnya membantu memberikan berbagai keterangan yang
diperlukan siswa, mengenal setiap pribadi siswa dengan segala karakternya dan
juga melaksanakan kegiatan administrasi kelas.
Dalam administrasi personil, mahasiswa
praktikan membantu dalam hal:
a) Melaksanakan
program pembelajaran
b) Mengisi
dan meneliti hasil daftar hadir siswa sebelum mengajar.
c) Mengisi
daftar hadir di sekretariat PPL maupun di TU .
d) Menggantikan
beberapa guru yang lain yang tidak hadir
atau tidak dapat mengajar.
c.
Administrasi
Kurikulum
Kurikulum yang digunakan oleh SMK Negeri
Ngadirojo adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Adapun program
tahunan yang dilaksanakan di SMK Negri Ngadirojo tahun pelajaran 2013/2014 antara lain:
1)
Penjelasan kalender
akademik
2)
Pembagian tugas guru
dalam proses KBM
3)
Penyusunanjadwal KBM
4)
Pelaksanaan KBM
5)
Pelaksanaan pengajaran
supervisi KBM
6)
Evaluasi (Ulangan
Harian, UTS, UAS, dan UN)
7)
Penyusunan perangkat
kerja
8)
Sosialisasi
pengembangan kurikulum
9)
Kegiatan
Ekstrakurikuler
10) Evaluasi
pelaksanaan program
11) Praktik
Laboratorium
12)
d.
Administrasi
Sarana dan Prasarana
Administrasi
sarana dan prasarana merupakan segala kegiatan yang berkenaan dengan pengelolaan barang โ barang perlengkapan
penunjang kegiatan sekolah yang berada di sekolah agar dapat digunakan sesuai
dengan fungsinya. Fasilitas atau sarana
dan prasarana sangat diperlukan dalam proses kegiatan pembelajaran di sekolah,
karena sangat menentukan jalannya pengajaran dan metode pengajaran yang dipakai
oleh guru.
Urusan
sarana dan prasarana mempunyai tugas yang harus dilakukan atau ditangani antara
lain sebagai berikut :
1)
Rencana pengadaan barang inventaris
2)
Data penerimaan barang inventaris
3)
Data penghapusan barang inventaris
4)
Buku inventaris
5)
Daftar pendayagunaan barang
6)
Daftar pemeliharaan barang
Adapun sarana dan prasarana yang ada di
SMK Negeri Ngadirojo terlampir pada bagian lampiran.
e.
Administrasi
Keuangan
Administrasi keuangan merupakan salah
satu bagian dari struktur organisasi Tata Usaha di SMK Negeri Ngadirojo. Adapun ruang lingkup pekerjaan bidang
administrasi keuangan di SMK N Ngadirojo adalah sebagai berikut :
1) RAPB Sekolah
2) Rencana penggunaan dana
3) Surat perintah membayar
4) Daftar belanja
5) Berita acara penyerahan barang
6) Proses pencairan dana
7) Penyimpanan, pembayaran dan penggunaan dana
8) Pembukuan :
a) Buku penerimaan
b) Buku pengeluaran dan bukti fisik
c) Buku kas harian
d) Buku kas umum
e) Buku bank
f) Berita acara pemeriksaan kas
9) Arsip โ arsip pemeriksaan kas
Adapun mahasiswa
praktikan tidak ikut membantu dalam administrasi keuangan di sekolah ini.
f.
Administrasi
Hubungan Masyarakat
Sekolah
merupakan lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi peningkatan kualitas sumber
daya manusia yang berguna bagi kepentingan masyarakat, agama, bangsa dan
negara.
Oleh
karena itu kegiatan sekolah dalam semua bidang harus relevan dengan kondisi dan
kebutuhan masyarakat, khusunya masyarakat yang ada di sekitar lingkungan
sekolah SMKN Ngadirojo. Kegiatan di SMKN Ngadirojo dilakukan secara terpadu
dengan kegiatan masyarakat. Hubungan timbal balik antara masyarakat dan sekolah
sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. dengan
demikian, sekolah merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari
masyarakat.
Hal ini
sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 1989 pasal 25 yang menyatakan bahwa masyarakat
bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan di sekolah. Sehingga
masyarakat mendapatkan manfaat dari sekolah dan sekolah sendiri pun dapat
bertanggung jawab serta ikut serta dalam mewarnai kehidupan masyarakat.
Adapaun
ruang lingkup kewajiban bidang administrasi humas sebagai berikut :
1)
Kegiatan Kepramukaan
2)
Kegiatan Olahraga
3)
Data kejuaraan
4)
Data beasiswa
5)
Data penyaluran data Tamatan SMKN Ngadirojo
6)
Absensi rapat
7)
Notula rapat
8)
Laporan kegiatan
2.
Pelaksaan
Prinsip-Prinsip Supervisi Pendidikan di Sekolah
Supervisi
pendidikan di sekolah dilakukan untuk sarana perbaikan dari mutu pembelajaran
sekolah tersebut. Adapun prinsip-prinsip supervisi pendidikan di SMK Negeri
Ngadirojo adalah:
a. Pengawasan
Langsung
Kepala sekolah setiap
hari terjun langsung ke lapangan dan melakukan kegiatan seperti:
1)
Memeriksa bagian guru
(guru piket) untuk mengetahui siapa saja yang tidak hadir atau ijin.
2)
Melakukan sedikit pengamatan di depan sekolah sebelum jam 7
pagi untuk melihat kondisi siswa dan guru apakah hadir tepat waktu atau
terlambat.
3)
Berkeliling di lingkungan
sekolah untuk melihat langsung kondisi yang ada di sekolah.
4)
Mengecek kelasโkelas
untuk melihat apakah ada mata pelajaran yang kosong dan memberikan pengarahan
khususnya untuk kelas XII yang akan melaksanakan Ujian Nasional.
5)
Menanyakan kepada
stafnya apakah ada masalah atau kesulitan dalam tugasnya masing โ masing.
b. Pengawasan
Tidak Langsung
Selain
pengawasan langsung, Kepala Sekolah juga
melaksanakan pengawasan secara tidak langsung dengan adanya laporan dari staf.
3.
Pelaksaan
Kegiatan Bimbingan dan Konseling
Tujuan dari bimbingan konseling secara umum
adalah membantu siswa mengenai bakat, minat dan menyelesaikan permasalahan yang
ada. Sistem kerja dari bimbingan
konseling dilaksanakan dalam berbagai cara menurut sifat permalahan siswa,
kesiapan tenaga pembimbing serta ketersediannya waktu.
Tugas Bimbingan dan Konseling secara umum
meliputi :
a. Mengumpulkan data
b. Mengalisa data
c. Mengidentifikasi data
d. Evaluasi
Dengan adanya tugas BK ini sangat membantu
guru dalam memperbaiki proses pembelajaran. Dengan keempat poin di atas, BK
dapat mengurangi kesalahan atau kendala yang ditimbulkan dari siswa dan juga
masyarakat sekitar.
Bimbingan dan Konseling di SMKN Ngadirojo
berjalan dengan baik, dengan perencanaan matang dan tertuang dalam program
kerja tahunan kemudian diperjelas dalam program kerja semester dan dirinci
dalam program kerja bulanan.
4.
Penyelenggaran
Kegiatan Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan
sekolah yang waktu pelaksanannya di luar jam pelajaran. Kegiatan ini bertujuan
untuk memberi bekal dan menambah keterampilan siswa. Dengan harapan siswa SMKN
Ngadirojo selain bermanfaat bagi dirinya sendiri, keterampilan siswa ini dapat
diaplikasikan langsung di masyarakat.
Ekstrakurikuler merupakan sarana untuk
menunjang proses belajar dan dianggap sangat penting keberadannya di SMKN
Ngadirojo. Selain itu, kegiatan ini ini berfungsi untuk mengembangkan
kreatifitas, kompetensi dan minat siswa dalam bidang tertentu seperti Pramuka,
PMR, bolavoli, sepak takraw. Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan
di SMKN Ngadirojo adalah sebagai berikut :
a. Pramuka
b. Bolavoli
c. Sepak takraw
d. PMR
e. Kesenian
5.
Pengelolaan
Pusat Sumber Belajar/Perpustakaan
SMK
Negeri Ngadirojo sudah memiliki perpustakaan sendiri.Tetapi belum lengkap
yang terletak di gedung SMK N Ngadirojo bagian timur.
D.
Analisis
Hasil Pelaksanaan
Praktik
Pengalaman Lapangan adalah wadah bagi mahasiswa praktikan untuk menunjukkan
kemampuannya di bidang keguruan yaitu dengan terjun secara langsung dalam
proses kegiatan mengajar di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan juga
memberikan suatu pengalaman yang berharga bagi mahasiswa praktikan yang dapat
bermanfaat pada masa yang akan datang.
Adapun
hasil analisis dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah sebgai
berikut:
1.
Masuk jam 07.00 bagi shift pagi dan jam 13.00 bagi shift
siang sebelum jam pelalajaran di mulai.
2.
Memberitahukan kepada
guru pamong sebelum memasuki kelas.
3.
Masuk kelas dengan
menyampaikan salam.
4.
Berdoa sebelum
pelajaran di mulai.
5.
Khususnya untuk jam
pelajaran pertama, pembiasaan yang dilakukan adalah menyanyikan lagu kebangsaan
โIndonesia Rayaโ
6.
Melaksanakan apersepsi
mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
7.
Memberikan motivasi
kepada siswa.
8.
Melaksanakan proses
belajar mengajar sesuai dengan RPP yang sudah dibuat.
9.
Mengakhiri pelajaran
dengan memberi evaluasi, kesimpulan dan tugas kepada siswa.
10. Menyampaikan
salam ketika mengakhiri pelajaran,
khusus untuk jam terakhir sebelum pulang siswa berdoa bersama dan berjabat tangan
dengan guru.
Mahasiswa
praktikan juga mendapat bimbingan dari guru pamong yaitu sebagai berikut:
1.
Kompetensi
personal, yaitu kesungguhan, perilaku dan sikap mahasiswa mulai dari observasi
sampai dengan selesainya kegiatan. Penilaian dilakukan oleh guru pamong yang
meliputi:
a.
Kehadiran
mahasiswa selama PPL.
b.
Kedisiplinan
waktu dalam semua kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa selama PPL.
c.
Ketertiban
dan ketaatan siswa dalam mematuhi aturan yang berlaku selama PPL.
2.
Kompetensi
profesional, yakni melaksanakan praktik mengajar di kelas. Penilaian
dilaksanakan oleh guru meliputi:
a.
Penampilan
mahasiswa di depan kelas dan pengelolaan kelas.
b.
Kesesuaian
antara tujuan dengan materi yang di rencanakan dengan yang di laksanakan.
c.
Penguasaan
materi yang di ajarkan.
d.
Gaya
dan antusiasnya selama mengajar serta pelaksanaanya bimbingan kepada siswa.
e.
Cara memberikan kesimpulan akhir
kepada siswa
Beberapa
faktor penghambat dan penunjang Kegiatan PPL:
1.
Faktor penghambat:
a. Siswa
siswi SMK Negeri Ngadirojo
Siswa-siswi sekolah ini kurang begitu aktif
dalam mengikuti pelajaran. mahasiswa praktikan harus mengulang dan
memperjelaskan materi yang disampaikan.
b. Fasilitas
penunjang kegiatan KBM
Belum adanya fasilitas
penunjang kegiatan KBM yang memadai sehingga proses KBM hanya dilakukan secara
manual (menggunakan papan tulis), dan tidak adanya perpustakaan yang terletak
di gedung SMK.
c. Gedung
sekolah yang masih dalam tahap pembangunan membuat kegiatan belajar mengajar
kurang efektif dan efisien.
2.
Faktor Penunjang
a. Sekolah,
Kepala Sekolah, dan Guru Pamong
Adanya koordinasi yang
baik antara pihak sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Pamong yang membuat proses
kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan berjalan dengan lancar.
b. Siswa-siswi
SMK Negeri Ngadirojo
Siswa-siswi
SMK Negeri Ngadirojo yang dapat menerima dengan baik mahasiswa praktikan,
sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif, efisien, dan
menyenangkan.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Program
kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II adalah salah satu syarat bagi
mahasiswa Strata 1 untuk menyelesaikan studinya dan menjadi wadah yang sangat
bermanfaat kepada mahasiswa sebagai bekal pengalaman mengajar untuk menjadi
guru profesional. Kesimpulan dari kegiatan tersebut adalah:
1.
Selama pelaksanaan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II di SMK Negeri Ngadirojo, mahasiswa
praktikan mendapat banyak pengalaman
sebagai bekal untuk mendidik siswa-siswi generasi berikutnya agar lebih
bermutu.
2.
Bagi mahasiswa
praktikan, dengan pelaksanaan PPL II ini akan memperoleh:
a.
Pengalaman dalam
menghadapi berbagai sifat dan karakteristik dari peserta didik.
b.
Memahami dan mengerti
pentingnya kepemimpinan dan pengkondisian siswa baik sebelum, selama dan
setelah proses KBM, guna pencapaian keberhasilan belajar siswa.
c. Mengetahui
kelengkapan sarana penunjang KBM untuk kelancaran proses pembelajaran dan
pendidikan di sekolah menengah Kejuruan.
B.
Saran
Adapun saran yang dapat
mahasiswa praktikan sampaikan adalah:
1. Kepada
pihak STKIP PGRI Pacitan, diharapkan lebih memperhatikan mahasiswa PPL II dan
juga keadaan sekolah yang dijadikan tempat untuk melaksanakan PPL II, terutama
sekolah yang terletak jauh dari kampus.
2.
31
|
3. Kepada
Dosen Pembimbing Lapangan, kami berterima kasih karena telah menjadi pembimbing
yang baik dan semoga tetap ditingkatkan khususnya dalam koordinasi dengan
mahasiswa PPL II.
4. Kepada
Guru Pamong, kami juga berterimakasih karena telah sabar dalam membimbing kami selama kegiatan PPL II dan
memberikan motivasi serta kesempatan bagi kami untuk menambah pengalaman.
5. Kepada
mahasiswa praktikan yang akan datang, sebaiknya memepersiapkan diri dengan
kemampuan akademis maupun non akademis, sehingga praktik mengajar dapat
berjalan dengan lancar.
mbak ada softfile nya ?
ReplyDelete