Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data


1.    Teknik Pengumpulan Data
Salah satu kegiatan dalam penelitian adalah menentukan cara mengukur variabel penelitian dan alat pengumpulan data. Untuk mengukur variabel diperlukan instrumen penelitian dan instrumen ini berfungsi untuk mengumpulkan data. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga macam, yait:
a.    Teknik Angket
Metode angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Pada penelitian ini model angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai tipe kepribadian siswa. Adapun prosedur pemberian skor untuk menjawab angket yang diberikan kepada responden yaitu untuk butir soal yang merupakan pertanyaan atau pernyataan positif, siswa yang memberikan pernyataan setuju diberi skor 3, netral diberi skor 2, tidak setuju diberi skor 1, dan jika tidak memberikan pernyataan diberi skor 0. Sedangkan untuk butir soal yang negative, siswa yang memberikan pernyataan setuju diberi skor 1, netral diberi skor 2, tidak setuju diberi skor 3, dan jika tidak memberikan pernyataan diberi skor 0. Jumlah butir angket yang diujicobakan sebanyak 28 butir, sedangkan yang dipergunakan untuk mengetahui tipe kepribadian siswa sebanyak 24 butir soal.
b.    Teknik Tes   
Metode tes merupakan teknik pengumpulan data dengan cara memberikan sejumlah item pertanyaan mengenai materi yang telah diberikan kepada subjek penelitian. Pada penelitian ini model tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar siswa. Tes dalam penelitian ini berbentuk tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda yang memuat beberapa pertanyaan soal matematika. Jika siswa menjawab benar diberi nilai 1, dan jika salah atau tidak menjawab diberi nilai 0. Jumlah butir tes yang diujicobakan sebanyak 28 butir, sedangkan yang dipergunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebanyak 25 butir soal.
c.         Teknik Dokumentasi
Metode dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dengan mengambil dari dokumen-dokumen yang telah ada. Dalam penelitian ini dokumentasi digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, dan kemampuan siswa selama proses pembelajaran penelitian dilakukan. Data yang diperoleh digunakan untuk menguji keseimbangan.
2.    Instrumen Pengumpulan Data
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Angket untuk memperoleh data tentang tipe kepribadian siswa, dan Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu diadakan ujicoba. Ujicoba instrumen digunakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Setelah dilakukan ujicoba, kemudian dilakukan analisis butir soal dan analisis instrumen tes dan angket.
a.    Tes
1)   Tujuan: untuk mengukur hasil belajar matematika siswa.
2)   Penyusunan hasil belajar matematika siswa dilakukan oleh peneliti dengan berpedoman pada kurikulum yang berlaku. Tes yang digunakan yaitu dalam bentuk tes pilihan ganda.
3)   Langkah-langkah membuat tes, sebagai berikut:
a)    Membuat kisi-kisi soal tes.
b)   Menyusun soal tes.
c)    Mengadakan uji coba.
d)   Menganalisi hasil uji coba.
b.    Angket
1)   Tujuan: untuk mengetahui tipe kepribadian siswa.
2)   Langkah-langkah menyusun angket, sebagai berikut:
a)    Menjabarkan komponen-komponen tipe kepribadian ke dalam indikator.
b)   Menyusun kisi-kisi pembuatan instrumen tipe kepribadian siswa
c)    Menjabarkan indikator ke dalam butir angket.
d)   Memberikan skor pada setiap butir.

e)    Uji coba angket.

No comments:

Post a Comment