1.
Teknik Pengumpulan Data
Salah
satu kegiatan dalam penelitian adalah menentukan cara mengukur variabel
penelitian dan alat pengumpulan data. Untuk mengukur variabel diperlukan
instrumen penelitian dan instrumen ini berfungsi untuk mengumpulkan data.
Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga macam, yait:
a.
Teknik Angket
Metode
angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi
seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab.
Pada penelitian ini model angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai
tipe kepribadian siswa. Adapun prosedur pemberian skor untuk menjawab angket
yang diberikan kepada responden yaitu untuk butir soal yang merupakan
pertanyaan atau pernyataan positif, siswa yang memberikan pernyataan setuju
diberi skor 3, netral diberi skor 2, tidak setuju diberi skor 1, dan jika tidak
memberikan pernyataan diberi skor 0. Sedangkan untuk butir soal yang negative,
siswa yang memberikan pernyataan setuju diberi skor 1, netral diberi skor 2,
tidak setuju diberi skor 3, dan jika tidak memberikan pernyataan diberi skor 0.
Jumlah butir angket yang diujicobakan sebanyak 28 butir, sedangkan yang dipergunakan
untuk mengetahui tipe kepribadian siswa sebanyak 24 butir soal.
b. Teknik
Tes
Metode
tes merupakan teknik pengumpulan data dengan cara memberikan sejumlah item
pertanyaan mengenai materi yang telah diberikan kepada subjek penelitian. Pada
penelitian ini model tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hasil
belajar siswa. Tes dalam penelitian ini berbentuk tes tertulis dengan bentuk
pilihan ganda yang memuat beberapa pertanyaan soal matematika. Jika siswa
menjawab benar diberi nilai 1, dan jika salah atau tidak menjawab diberi nilai
0. Jumlah butir tes yang diujicobakan sebanyak 28 butir, sedangkan yang dipergunakan
untuk mengetahui hasil belajar siswa sebanyak 25 butir soal.
c.
Teknik Dokumentasi
Metode
dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dengan mengambil dari
dokumen-dokumen yang telah ada. Dalam penelitian ini dokumentasi digunakan
untuk mengetahui kemampuan awal siswa, dan kemampuan siswa selama proses
pembelajaran penelitian dilakukan. Data yang diperoleh digunakan untuk menguji
keseimbangan.
2.
Instrumen Pengumpulan
Data
Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa Angket untuk memperoleh data tentang
tipe kepribadian siswa, dan Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil
belajar siswa. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu diadakan ujicoba.
Ujicoba instrumen digunakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas
instrumen. Setelah dilakukan ujicoba, kemudian dilakukan analisis butir soal
dan analisis instrumen tes dan angket.
a.
Tes
1)
Tujuan: untuk mengukur
hasil belajar matematika siswa.
2)
Penyusunan hasil
belajar matematika siswa dilakukan oleh peneliti dengan berpedoman pada
kurikulum yang berlaku. Tes yang digunakan yaitu dalam bentuk tes pilihan
ganda.
3)
Langkah-langkah membuat
tes, sebagai berikut:
a)
Membuat kisi-kisi soal
tes.
b)
Menyusun soal tes.
c)
Mengadakan uji coba.
d)
Menganalisi hasil uji
coba.
b.
Angket
1)
Tujuan: untuk
mengetahui tipe kepribadian siswa.
2)
Langkah-langkah
menyusun angket, sebagai berikut:
a)
Menjabarkan
komponen-komponen tipe kepribadian ke dalam indikator.
b)
Menyusun kisi-kisi
pembuatan instrumen tipe kepribadian siswa
c)
Menjabarkan indikator
ke dalam butir angket.
d)
Memberikan skor pada
setiap butir.
e)
Uji coba angket.
No comments:
Post a Comment