Laporan PPL



LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI NGADIROJO
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


 











Oleh:
HARI NOTO PRASETYO
NIM: 10.10707.026



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
STKIP PGRI PACITAN
2013
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II
Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ngadirojo
Tahun Pelajaran 2013/2014

Oleh:
HARI NOTO PRASETYO
NIM: 10.10707.026

Laporan ini sebagai salah satu prasyarat kelulusan
dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II
pada Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Pacitan

Menyetujui,
Dosen Pembimbing Lapangan,


SUGIYONO, M.Pd.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,


Drs. SUTOMO, M.Pd.
NIP. 196505241993031005


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadhirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, hidayah,  dan inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Program Pengalaman Lapangan ini tepat pada waktunya. Laporan ini dibuat oleh penulis berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, pendataan, dan pengalaman langsung selama mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL II) di SMK Negeri Ngadirojo.
Laporan ini merupakan salah satu syarat bagi setiap mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konselinguntuk menyelesaikan studinya serta untuk mendapatkan gelar Strata 1 (S1). Penulis berharap agar pengalaman yang didapat mampu memberikan pengalaman dan wawasan yang luas tentang pengajaran di sekolah.
Keberhasilan penulisan laporan ini tidak terlepas dari bantuan serta arahan dari berbagai pihak baik secara individu maupun secara umum, terutama bimbingan dan pengarahan yang tulus dan ikhlas dari pembimbing, untuk itu penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:
1.      LPPM selaku Tim Pelaksana Program PPL II.
2.      Bapak Drs. Sutomo, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri Ngadirojo.
3.      Bapak Sugiyono, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah memberikan bimbingan dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan
4.      Bapak Joko Witono, S.Pd selaku Guru Pamong Jurusan Pendidikan Matematika yang telah memberi pengarahan, kritik, dan saran kepada kami selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini.
5.      Bapak Ibu Guru SMK Negeri Ngadirojo.
6.      Bapak Ibu Staf Tata Usaha SMK Negeri Ngadirojo.
7.      Siswa-siswi SMK Negeri Ngadirojo.
8.      Bapak dan Ibu yang selalu memberikan doa dan semangat kepada penulis selama masa PPL II berlangsung.
9.      Rekan-rekan seperjuangan yang telah mendukung dan memberi arahan serta kritikan demi terselesainya laporan ini.
10.  Kepada semua pihak yang telah memberi dukungan, motivasi, semangat, dan doa kepada kami.
Penulis menyadari dalam penyusunan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini masih banyak kekuranganyang terdapat di dalamnya, untuk itu penulis berharap adanya kritikkan dan masukkan yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pihak lainpada umumnya.


Pacitan, 12 Oktober 2013


Penulis





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN ........................................................................... ii
KATA PENGANTAR ............................................................................................. iii
DAFTAR ISI ...................................................................................................... v
DAFTAR GAMBAR ........................................................................................ vii
DAFTAR BAGAN ........................................................................................... viii
DAFTAR TABEL .............................................................................................. ix
DAFTAR LAMPIRAN ...................................................................................... x
BAB I
GAMBARAN UMUM SEKOLAH .................................................................. 1
A.    Letak Geografis ......................................................................................  1
B.     Sejarah Singkat .......................................................................................  4
C.     Struktur Organisasi .................................................................................  5
D.    Guru Dan Karyawan................................................................................ 6
E.     Siswa ......................................................................................................  11
BAB II
HASIL DAN ANALISIS .................................................................................  14
A.    Observasi Pembelajaran .........................................................................  14
B.     Praktik Pembelajaran .............................................................................  17
1.      Persiapan Praktik Pembelajaran .......................................................  17
2.      Pelaksanaan Praktik Pembelajaran ...................................................  18
C.     Praktik Persekolahan ..............................................................................  19
1.      Administrasi Sekolah .......................................................................  19
a.       Administrasi Siswa ....................................................................  19
b.      Administrasi Personil .................................................................  20
c.       Adminstrasi Kurikulum .............................................................  23
d.      Adminstrasi Sarana Dan Prasarana ............................................  24
e.       Administrasi Keuangan .............................................................  24
f.       Administrasi Hubungan Masyarakat .........................................  25
2.      Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Supervisi Pendidikan Disekolah .........  26
3.      Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Dan Konseling ...........................  26
4.      Penyelenggaraan Ekstrakurikuler .....................................................  27
5.      Pengelolaan Pusat Sumber Belajar Atau Perpustakan...................... 28
D.    Analisis Hasil Pelaksanaan .....................................................................  28
BAB III
PENUTUP .........................................................................................................  31
A.    Kesimpulan ............................................................................................  31
B.     Saran ......................................................................................................  31
LAMPIRAN





DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1 Lokasi SMKN Ngadirojo ...........................................................  2
Gambar 1.2 Denah SMKN Ngadirojo............................................................ 3



DAFTAR BAGAN
Bagan 1.1 Struktur Organisasi SMKN Ngadirojo............................................. 5
Bagan 1.2 Struktur Tata Usaha SMKN Ngadirojo..........................................   10



DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 Daftar Guru UPT SMKN Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013............ 6
Tabel 1.2 Daftar Karyawan TU.............................................................................. 9
Tabel 1.3 Daftar Siwa Kelas X SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014....... 11
Tabel 1.4 Daftar Siwa Kelas XI SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014...... 11
Tabel 1.5 Daftar Siwa Kelas XII SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014......   12
Tabel 1.6 Data PSB dan Siswa per Tingkat SMKN Ngadirojo............................. 13



DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Identitas Sekolah 
Lampiran 2 Lembar Observasi Pengenalan Lapangan
Lampiran 3 Observasi Kegiatan Belajar Mengajar
Lampiran 4 Jadwal Mengajar Pend. Matematika
Lampiran 5 Silabus Menerapkan Operasi Pada Bilangan Riil Kelas X KR
Lampiran 6 RPP Menerapkan Operasi Pada Bilangan Riil Kelas X KR
Lampiran 7 Silabus Menerapkan Operasi pada Bilangan Irassional Kelas X AP
Lampiran 8 RPP Menerapkan Operasi pada Bilangan Irassional Kelas X AP
Lampiran 9 Silabus Menerapkan Konsep Logaritma Kelas X AP
Lampiran 10 RPP Menerapkan Konsep Logaritma Kelas X AP
Lampiran 11 Daftar Nilai Siswa Kelas X KR Tahun Ajaran 2013/2014
Lampiran 12 Daftar Nilai Siswa Kelas X AP Tahun Ajaran 2013/2014
Lampiran 13 Daftar Absensi Siswa X KR Tahun Ajaran 2013/2014
Lampiran 14 Daftar Absensi Siswa X AP Tahun Ajaran 2013/2014
Lampiran 15 Catatan Kegiatan Harian
Lampiran 16 Potho Kegiatan








BAB I
GAMBARAN UMUM SEKOLAH

A.    Letak Geografis
SMK Negeri Ngadirojo adalah salah satu sekolah kejuruan di Kecamatan Ngadirojo. Sekolah yang terletak di Jalan Raya Lorok-Trenggalek Rt 02 Rw 05 Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo ini merupakan sekolah yang mudah dikenali karena posisinya yang terletak di pingg ir jalan raya yang banyak dilewati kendaraan–kendaraan umum maupun pribadi yang mempermudah akses menuju sekolah ini. Secara geografis, sekolah ini terletak di belahan bumi sebelah timur dari Kabupaten Pacitan.
Batas-batas wilayah SMK Negeri Ngadirojo adalah sebagai berikut:
1.      Selatan     : Berbatasan dengan Jalan Raya Lorok-Trenggalek
2.      Utara        : Berbatasan dengan tebing
3.      Barat        : Berbatasan dengan sawah dan pemukiman penduduk
4.      Timur       : Berbatasan dengan sawah dan pemukiman penduduk
Karena letaknya yang strategis dajlsn mudah dijangkau oleh masyarakat inilah yang menyebabkan SMK Negeri Ngadirojo banyak diminati oleh warga masyarakat sekitar. Murid-murid sekolah ini tidak hanya berasal dari desa hadiwarno saja, melainkan juga berasal dari Tulakan, Sudimoro, Desa Hadiluwih, Desa Sidomulyo, Desa Jetak, Desa Nglaran, dan lain sebagainya.
Siswa-siswi yang berada di 18 Desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Ngadirojo dalam radius 0 sampai dengan 6,5 km dari sekolah dapat menempuh perjalanan ke sekolah ini dengan mudah. Hal ini tidak terlepas dari letak geografis Kecamatan Ngadirojo sendiri yang termasuk jalur transportasi utama yang menghubungkan Kabupaten Ngadirojo dengan Kabupaten Panggul dan desa-desa lain di Kabupaten Pacitan.


1
 



Gambar 1.1 Lokasi SMKN Ngadirojo




 























Gambar 1.2 Denah SMKN Ngadirojo


B.     Sejarah Singkat
SMK Negeri Ngadirojo berdiri pada tangga l8 Juni 2004 yang disahkan oleh Bapak Bupati Sutrisno. Semula sekolah ini didirikan secara terpadu (sekolah satu atap) dengan SMP Negeri 3 Ngadirojo dan termasuk sekolah yang pertama kali membuka jurusan di bidang Budidaya Ikan Air Laut. Sekolah ini pertama kali dikepalai oleh Bapak Kardjuni, S.Pd. yang juga menjabat sebagai kepala sekolah di SMP Negeri 3 Ngadirojo. Pada saat penerimaan murid baru, siswa yang terdaftar pertama kali sejumlah 24 siswa. Dan sebagian besar guru yang mengajar di SMK Negeri Ngadirojo berasal dari SMP Negeri 3 Ngadirojo.
Pada tahun 2005/2006, SMK Negeri Ngadirojo mulai menambah jurusan baru yaitu program keahlian Budidaya Tanaman Pangan (BTP) dan Teknik Mekanik Otomotif (TMO). Pada tahun 2006/2007 sekolah ini membuka program keahlian lain yaitu program keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan pada tahun  ini pula, jabatan kepala sekolah dipegang oleh Bapak Sunaryono, M.Pd. yang masa jabatannya berlangsung hingga bulan Mei 2012.
Fasilitas gedung pertama kali didirikan ditanah SMP Negeri 3 Ngadirojo, kemudian pada tahun 2008 dirintislah lokasi baru yang diberi dana oleh Pemda senilai  420 juta dengan luas 6447 m2. Semula tanah tersebut berupa sawah milik penduduk sekitar. Pada saat yang sama, sekolah ini mendapat bantuan hibah ruang kelas baru dari Dirjen DIKMENJUR sebanyak 2 lokal yang berupa bangunan jadi dan di tempati menjadi 2 kelas. Dan pada tahun ini pula dibuka program keahlian baru yaitu program keahlian Akuntansi.
Pada tahun 2009, sekolah ini mendapat bantuan hibah dari Pemprov sejumlah 1 lokal, dari komite sejumlah 2 lokal, dan pada tahun 2010 juga mendapat hibah dari pemerintah pusat sejumlah 2 lokal. Setiap ada bangunan kelas yang jadi, maka ruangan itu siap untuk ditempati. Tahun 2011, sekolah ini mendapat ruang kelas baru sejumlah 10 lokal dari pemerintah provinsi,  dan mendapat bantuan 1 unit ruang praktik untuk jurusan Otomotif. Pada tahun 2012, SMK Negeri Ngadirojo membuka jurusan baru yaitu program keahlian Kecantikan Rambut (KR). Secara resmi sekolah ini pindah ke gedung baru pada bulan Juli 2012 dengan dikepalai oleh Bapak Drs. Sutomo, M.Pd yang menjabat sejak bulan Mei 2012 sampai sekarang.
Adapun Kepala Sekolah yang pernah menjabat di SMK Negeri Ngadirojo adalah:
1.      Bapak Kardjuni, S.Pd. dari tahun 2004-2007
2.      Bapak Sunaryono, M.Pd. dari tahun 2007-bulan Mei 2012
3.      Bapak Drs. Sutomo, M.Pd. dari bulan Mei 20012-sekarang

C.    Struktur Organisasi
Guru (76 Guru)
Siswa (805 Siswa)
KEP.SEK
Drs. Sutomo, M.Pd.
NIP. 196505241993031005

DU/DI
KOMITE SEKOLAH
KA PERPUSTAKAAN
Susi Wahyu Ariani, S.Pd.
NIP. 196603032006042014
KASUBAG TU
Bambang Sukamto
NIP. 19630131198602100
WKS. KURIKULUM
Hardianto, S. Si.
NIP. 197004082006041004
WKS. KESISWAAN
Pramuda Ali F., SE.
NIP.
197706102008011010 010197410282008011005
WKS. SARPRAS
Bayu Arif Yanto.
NIP. 198103112008012010
WKS. HUMAS
Mukayit, S.Pd.
NIP. 195806141981021001
KAPROLI. TKR
Drs. Dwi Nursamsi
NIP. 19630112006041003
KAPROLI. TKJ
Hari Susilo Wibowo
NIP. 198303242010011023
KAPROLI. ATPH
Mirnawati, SP.
NIP. 198309202009032010
KAPROLI. APSP
Heri Prasetyo, S.Pi.
NIP. 198001142008011006
KAPROLI. AK
Anjar Purniwiety, SE.
NIP. 197407032008012007
KAPROLI. KR
Yenny Indra Rahmawati, SP.

Bagan 1.1 Struktur Organisasi UPT SMK Negeri Ngadirojo

 




















D.    Guru dan Karyawan
Tabel 1.1 Daftar Guru UPT SMK Negeri Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013
NO
NAMA GURU
NIP
GURU
PELAJARAN
1.
Drs. Sutomo, M.Pd
19650524 199303 1 005
Kepsek / Bhs. Indonesia
2
Sularno, S.Ag
19710208 200604 1 014
Agama Islam
3
Sukatman, S.Ag
19730121 200801 1 004
Agama Islam
4
Drs. Suhartanto
19670215 200604 1 007
P. Kn
5
19710523 200701 2 010
P. Kn
6
Susi Wahyu Ariani, S.Pd
19650403 200801 1 009
Bhs. Indonesia
7
Sulyatin, S.Pd
19741028 200801 1 005
Bhs. Indonesia
8
Mujiono, S.Pd
-
Bhs. Indonesia
9
Gunarjo, S.Pd
19610208 198303 1 020
Penjasorkes
10
Edi Susanto, S.Pd
510 175 824
Penjasorkes
11
Anang Sujarwanto, S.Pd
-
Penjasorkes &Bhs. Jawa
12
Sularni, S.Pd
19650310 198603 2 020
Seni Budaya
13
Ida Nuryanti, S.Pd
-
Seni Budaya & Produktif KK
14
Dwi Setyo Budi Warsito, S.Pd
19730902 200701 1 009
Bhs. Inggris
15
Kukuh Santoso, S.Pd
19800114 200801 1 006
Bhs.Inggris
16
Tri Widhowati, S.Pd
-
Bhs.Inggris
17
Kusnanto, S.Pd
-
Bhs.Inggris
18
Endah Tri Handayani, S.Pd
-
Bhs.Inggris
19
Lis Purnomo S.Pd
-
Bhs.Inggris

Tabel 1.1 Daftar Guru UPT SMK Negeri Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013
NO
NAMA GURU
NIP
GURU
PELAJARAN
20
Mukayit, S.Pd
19580614 198102 1 001
Matematika
21
Bambang Winarno,S. Pd
19680820 199601 1 001
Matematika
22
Siti Marfu’ah, S.Pd
19700912 200501 2 010
Matematika
23
Pujiono, S.Pd
19710301 200212 1 004
Matematika
24
19650911 198903 1 010
Matematika
25
Wartini, S.Pd
19680408 200501 2 012
IPA
26
Alim Hidayati, S.Si
19690404 200801 2 022
IPA
27
Rila Aris Purwinggani, S.Si
-
IPA
28
Saudatun, S.Pd
-
IPA
29
Eko Budiyono, S.Pd
-
Fisika
30
Hardiyanto, S.Si
19700408 200604 1 004
Fisika
31
Katmiatin, S.Pd
-
Fisika & Kimia
32
Zakki Kistoso, ST., MM
19750413 200903 1 002
Kimia
33
Supriyanto, S.Si
-
Biologi & Kimia
34
Hendrik Milono, S.Pd
19680518 200701 1 019
IPS/Sejarah
35
Kristiana Nasrudin, SE
-
IPS
36
Joko Milandi, S.Pd
-
IPS
37
Dian Wulandari , S.Pi
19830409 200903 2 011
KKPI
38
Sefilia Adhi Nugroho, S.Kel
19840923 200903 1 003
KKPI
39
Wisnu Irawan, S.Pd
-
Matematika
40
Nurul Agustinaningsih, S.Pd
19740808 200701 2 011
Kewirausaahan
41
Ali Sadiqin, SE
-
Kewirausaahan
42
Drs. Dwi Nursjamsi
19630111 200604 1 003
Produktif TKR
43
Drs. Sumardi
-
Produktif TKR

Tabel 1.1 Daftar Guru UPT SMK Negeri Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013
NO
NAMA GURU
NIP
GURU
PELAJARAN
44
Drs. Muhammad Masykur
19681212 200701 1 032
Produktif TKR
45
Nur Alam Windu K., S.Pd
19790130 200903 1 002
Produktif TKR
46
RisangEka Wijaya, S.Pd
19850807 201001 1 023
Produktif TKR
47
Sudi Handoyo, SP
-
Produktif TKR
48
Dwi Pranoto, SE
-
Produktif TKR
49
Hari Susilo Wibowo, S.Kom
19830324 201001 1 023
Produktif TKJ
50
Anang Cahyo Purnomo, ST
19780115 200903 1 004
Produktif TKJ
51
Ahmad Fahmi, S.Kom
19850510 200903 1 006
Produktif TKJ
52
Taufik Wahyu Nugroho, S.Kom
-
Produktif TKJ
53
Yudha Catur Wisesa, S.Kom
-
Produktif TKJ
54
Titah Novitasari, S.T
-
Produktif TKJ
55
Yenny Indra rahmawati, SP
-
Produktif KR
56
Nining Faryaningsih, S.Pd
-
Produktif KR
57
Mirnawati, SP
19850510 200903 1 006
Produktif ATPH
58
Hariyanti, SP
19770917 200903 2 001
Produktif ATPH
59
Joko Triyono, S.TP
19730712 200801 2 008
Produktif ATPH
60
Veranica In Haryanto, SP
19850320 200903 2 011
Produktif ATPH
61
Heri Prasetyo, S.Pi
19810311 200801 2 010
Produktif AP

Tabel 1.1 Daftar Guru UPT SMK Negeri Ngadirojo, Kab. Pacitan Tahun 2013
NO
NAMA GURU
NIP
GURU
PELAJARAN
62
Bayu Arif Yanto, M.Si
19810311 200801 2 010
Produktif AP
63
Lalilatun Musfiroh, S.Pi
19620710 200604 2 002
Produktif AP
64
Redi Yuniarto, S.Pi
19830603 200903 1 004
Produktif AP
65
Elya Mufidah, M.Si
19850225 200903 2 007
Produktif AP
66
Anjar Purwinieti, SE
19690404 200801 2 022
Produktif AK
67
Sri Wahyuni, S.Pd
19730108 200701 2 014
Produktif AK
68
Insyah, S.Pd
19691208 200701 1 031
Produktif AK
69
Pramuda Ali Faizin, SE
19770610 200801 1 010
Produktif AK
70
Aestri Fatimatul W., S.Pd
-
Mulok/ Bhs. Jawa
71
Wahyuni, S.Pd
-
Mulok/ Bhs. Jawa
72
Wahyu Handarini, S.Pd
-
Mulok/ Bhs. Jawa
73
Fitri Andriany Puspika, S.Pd 
-
Kimia
74
Siswadi, S.Pd., M.Pd
19551010 198203 1 033
BP/BK
75
Rony Indarto, S.Psi
19760419 200903 1 001
BP/BK
76
Wawang Setyo Prambudi, S.Pd
-
BP/BK


Tabel 1.2 Daftar Karyawan TU
NO.
NAMA
NIP.
JABATAN
1
Bambang Sukamto
19630131 198602 1 001
KTU
2
Miselan, S.Pd
-
TU
3
Ganesha Megawarizky
-
TU
4
Senly Hanisah
-
TU
5
Totok Purwoko
-
TU

Tabel 1.2 Daftar Karyawan TU
6
Sucipto
-
TU
7
Eka Yuliana
-
TU
8
Puput Saputra
-
TU
9
Cahyani Sumunar Edi
-
TU
10
Yenny Nuraini
-
TU
11
Rendi Triyuono
-
TU
12
Dinar Hidayat Eka Putra
-
TU

Kasubag. Tata Usaha
Bambang Sukamto, SE.
NIP. 19630131198602 1001
Kepegawain
Bambang Sukamto, SE.
NIP.
19630131198602 1001
Bendahara
Miselan
NIP.196406202000031003
Inventaris
Puput Saputra
NIP.-



Kesekreta-riatan
Eka Yuliana
NIP.-
Kesiswaan
Cahyani Sumunar Edi
NIP: -

Perpusta-kaan
Dinar Hidayat Eka Putra

Adminis-trasi
Senly Hanisah
NIP.-
Teknisi
Dinar Hidayat Eka Putra
NIP. -
Penjaga Malam
Rendy Triyuono
NIP. -

Kebersihan
Tatok Purwoko dan Sucipto
Kurir
Puput Saputra
NIP. -
Bagan 1.2 Struktur Tata Usaha di SMK Negeri Ngadirojo
 






















E.     Siswa
Tabel 1.3 Jumlah Siswa X SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014
NO
KELAS
JUMLAH SISWA
JUMLAH
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
KESELURUHAN
1
X. TOKR1
31
-
31
2
X. TOKR2
31
-
31
3
X. TOKR3
32
-
32
4
X. TKJ1
20
16
36
5
X. TKJ2
18
18
36
6
X. KR
-
19
19
7
X. ATPH
4
9
13
8
X. AP
23
14
37
9
X. AK1
3
33
36
10
X. AK2

34
34
 Jumlah Kelas  X  :  10  Kelas
162
143
305

Tabel 1.4 Jumlah Siswa XI SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014
NO
KELAS
JUMLAH SISWA
JUMLAH
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
KESELURUHAN
11
XI. TOKR1
31
-
31
12
XI. TOKR2
32
-
32
13
XI. TKJ1
19
17
36
14
XI. TKJ2
18
16
34
15
XI. KR
-
9
9
16
XI. ATPH
24
11
35
17
XI. AP1
10
12
22
18
XI. AP2
9
11
20
19
XI. AK1
7
22
29
20
XI. AK2
5
24
29
Jumlah Kelas  XI  :  10  Kelas
155
122
277









Tabel 1.5 Jumlah Siswa XII SMKN Ngadirojo Tahun Ajaran 2013/2014
NO
KELAS
JUMLAH SISWA
JUMLAH
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
KESELURUHAN
21
XII. TOKR1
27
-
27
22
XII. TOKR2
27
-
27
23
XII. TOKR3
26
-
26
24
XII. TKJ1
13
14
27
25
XII. TKJ2
14
13
27
26
XII. TKJ3
13
13
26
27
XII.KR
-
6
6
28
XII. ATPH
3
4
7
29
XII. AP
5
14
19
30
XII. AK
5
26
31
Jumlah Kelas  XII  :  10Kelas
133
90
223
Jumlah Keseluruhan  :  30Kelas
450
355
805

Keterangan :
TOKR      : Teknik OtomotifKendaraan Ringan
TKJ          : Teknik Komputer dan Jaringan
KR           : Kecantikan Rambut
ATPH       : Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura
AP            : Agribisnis Perikanan
AK           : Akuntansi






Tabel 1.6 Data PSB dan Siswa per Tingkat SMK Negeri Ngadirojo
NO
BIDANG KEAHLIAN/
JURUSAN
KELAS
JML
X
XI
XII
JML
L
P
L
P
L
P
L
P
1.
Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
94
-           
63
-           
80
-           
237
-           
237
2.
Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ)
38
34
37
33
40
40
115
107
222
3.
Agribisnis Tanaman  Pangan& Holtikultura (ATPH)
4
9
24
11
3
4
31
24
55
4.
Agribisnis Perikanan (AP)
23
14
19
23
5
14
47
51
98
5.
Akuntansi (AK)
3
67
12
46
5
26
20
139
159
6.
Kecantikan Rambut (KR)
-
19
-
9
-
6
-
34
34












BAB II
HASIL DAN ANALISIS

A.      Observasi Pembelajaran
Observasi pembelajaran adalah kegiatan peninjauan yang dilakukan mahasiswa praktikan terhadap proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru pamong di dalam kelas. Dalam pelaksanaannya, sebelum melaksanakan observasi pembelajaran di kelas, mahasiswa praktikan harus berkonsultasi dengan guru pamong. Tujuan dari diadakannya observasi pembelajaran adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru mengajar mata pelajaran  Matematika di kelas dan menjadi acuan bagi mahasiswa praktikan untuk mengajar di sekolah tersebut. Selama observasi berlangsung, mahasiswa praktikan menilai guru pamong yang sedang mengajar dengan format penilaian yang sudah ditentukan. Hal-hal yang diobservasi dalam kegiatan belajar mengajar antara lain:
1.         Keterampilan membuka pelajaran
2.         Keterampilan menjelaskan materi
3.         Interaksi pembelajaran
4.         Keterampilan bertanya
5.         Keterampilan memberikan penguatan
6.         Keterampialn menggunakan waktu
7.         Keterampilan menutup pelajaran
Observasi pembelajaran dilaksanakan dari hari Senin, 2 September 2013 sampai dengan hari Rabu, 4 September 2013. Pada hari pertama, yaitu Senin. 2 September 2013, observasi kegiatan belajar mengajar pelajaran Matematika di kelas XI AK 1 dan 2 bersama Bpk Joko Witono S.Pd selaku guru pamong di kelas ini perserta PPL memperkenalkan diri kepada siswa-siswi. Pada jam pelajaran  ke 6 sampai ke 7 melakukan observasi di kelas XI TKJ 1 bersama Bpk Bambang Winarno S.Pd dengan materi Trigonometri.
14
Pada hari Selasa, 3 September 2013, observasi kembali dilakukan yaitu di kelas XI AK 1 bersama guru pamong Bapak Joko Witono, S.Pd dengan materi pelajaran Dimensi Dua.
Pada hari Rabu, 04 September 2013, observasi kembali dilakukan yaitu di kelas XI TOKR1 bersama Bpk Zakky Kistoso,ST,MM dengan mata pelajaran Kimia, disini peserta PPL disuruh memperkenalkan diri satu persatu maju ke depan. Sedangkan pada hari kamis 5 september 2013 saya sudah disuruh mengajar dikelas X APSP. Dalam observasi pembelajaran, mahasiswa praktikan tidak hanya melihat proses belajar mengajar yang dilakukan guru melainkan juga memperkenalkan diri kepada para siswa. Hal-hal yang diamati pada saat observasi pembelajaran berlangsung adalah:
1.      Keterampilan membuka pelajaran
Pada kegiatan awal, pelajaran dibuka dengan salam dan Bassmallah, kemudian siswa berdoa terlebih dahulu, kegiatan ini bertujuan agar siswa terbiasa membaca doa sebelum memulai segala sesuatu. Setelah berdoa kemudian menyayikan lagu Indonesia raya kegitan ini bertujuan menumbuhkan cinta terhadap tanah air. Setelah membaca doa, guru mengabsensi para siswa dengan tujuan agar guru mengetahui siswa yang mengikuti proses pembelajaran dan tidak. Setelah mengabsensi  guru memberikan apersepsi atau gambaran tentang materi yang akan disampaikan kepada siswa. Apersepsi bertujuan untuk menarik perhatian siswa agar siswa semangat dalam proses belajar mengajar. setelah apersepsi menjelaskan pokok materi yang akan dipelajari.
2.      Keterampilan menjelaskan materi
Sebelum materi disajikan, guru mempersilahkan mahasiswa praktikan untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada siswa. Hal ini bertujuan agar para siswa dapat berkenalan lebih dalam lagi dengan mahasiswa praktikan dan dapat belajar bersama pada kesempatan selanjutnya. Setelah semua mahasiswa praktikan memperkenalkan diri, guru mulai menyampaikan materi. Penekanan terhadap hal yang penting selalu diulang-ulang oleh guru dengan tujuan agar siswa lebih mudah memahami materi tersebut.
Guru menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, dan menggunakan papan tulis sebagai media dalam pembelajaran. Peserta PPL memperkenalkan diri didepan siswa-siswi secara bergantian.
Dalam penyajian pelajaran, guru menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dimana peserta didik lebih aktif dibandingkan guru. Guru hanya berperan sebagai pembimbing dan motivator.
3.        Interaksi pembelajaran
Guru melibatkan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hal ini bertujuan agar siswa dapat lebih aktif di dalam kelas. Interaksi pembelajaran  sudah cukup baik dimana sudah ada rangsangan dan umpan balik yang dilakukan baik oleh guru maupun siswa.
4.        Keterampilan bertanya
Guru bertanya kepada siswa tentang materi pembelajaran, tetapi siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru.
5.    Keterampilan memberikan penguatan
Guru dalam penyampaian materi pelajaran memberikan tekanan atau penguatan yang dilakukan untuk pemahaman siswa agar lebih bisa dipahami dan diingat dengan mengulang bacaan, menjelaskan materi sesuai dengan soal dan memberikan perumusan.
6.    Keterampilan menggunakan waktu
Pemanfaatan waktu oleh guru kurang maksimal. Karena siswa cenderung pasif dan guru harus menjelaskan materi lebih mendalam, sehingga memakan waktu lebih lama. Dalam waktu 3 jam guru hanya mampu menjelaskan materi sedikit.
7.        Keterampilan menutup pelajaran
Sebelum menutup pelajaran, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang sudah diajarkan. Guru juga memberikan kesimpulan tentang materi yang diajarkan dan memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.Setelah itu, guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan diakhiri dengan salam.
Dari observasi kelas yang telah penulis lakukan dapatdisimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik, namun ada beberapa kekurangan. Hal ini disebabkan karena waktu pembelajaran yang hanya 1 jam (40 menit), kendala dari peserta didik, guru, perlengkapan sekolah yang kurang memadai, dan keadaan lingkungan sekolah yang belum menunjang dalam proses kegitan belajar mengajar.
Selain observasi kegiatan belajar mengajar, mahasiswa praktikan juga melakukan observasi pengenalan lapangan atau observasi sekolah yang dilaksanakan pada hari Senin, 2 September 2013.
Observasi sekolah dilakukan oleh mahasiswa praktikan dengan tujuan untuk mengetahui keadaan lingkungan sekolah, ruangan-ruangan dan fasilitas yang terdapat di sekolah tersebut, para guru-guru,tata usaha, dan para siswa. Adapun hasil dari observasi pengenalan Lapangan atau observasi sekolah disertakan di bagian lampiran.

B.       Praktik Pembelajaran
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu media yang bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan keterampilan mengajar dan materi yang sudah dipelajari di kampus. Dapat dikatakan bahwa PPL adalah suatu program yang merupakan ajang pelatihan untuk menerapkan, menanamkan, dan menumbuhkan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam rangka pembentukan calon guru yang profesional.
1.      Persiapan Praktik Pembelajaran
Sebelum melaksanakan praktik pembelajaran, terlebih dahulu mahasiswa praktikan berkonsultasi dengan masing-masing guru pamong tentang kelas apa saja yang akan diajar, materi apa saja yang akan disampaikan, Jadwal mengajar, Silabus, dan RPP.
Hal-hal yang dipersiapkan mahasiswa praktikan sebelum mengadakan praktik pembelajaran adalah:
a.    Penyusunan Silabus dan RPP.
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. RPP dibuat berdasarkan Silabus yang sudah ada. RPP digunakan sebagai pedoman dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sebelum mengajar di kelas, mahasiswa praktikan harus membuat RPP dan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada guru pamong. Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya terlampir.
b.    Penguasaan Materi.
Pada persiapan ini, guru pamong memberikan beberapa materi yang harus disampaikan kepada siswa kelas X, diantaranya: Bilangan Berpangkat, Sifat-sifat Bilangan Berpangkat, dan Operasi Bilangan Berpangkat. Selain itu, mahasiswa praktikan dapat menggunakan buku pedoman yang telah diberikan oleh guru pamong.
c.    Pembagian Jadwal Mengajar.
Pembagian jadwal mengajar diberikan oleh guru pamong masing-masing jurusan. Saya mendapat bagian kelas X KR dan Kelas X APSP.
Selain pembagian jadwal mengajar, mahasiswa praktikan juga membuat daftar piket harian untuk penyebaran dan pembagian yang merata, karena di SMK Negeri Ngadirojo menggunakan 2 shift mengajar yaitu pagi dan siang.
2.      Pelaksanaan Praktik Pembelajaran
Praktik pembelajaran di kelas dilaksanakan setelah mahasiswa praktikan melaksanakan observasi sekolah dan observasi guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Praktik mengajar dilaksanakan seorang mahasiswa praktikan minimal sebanyak 8 kali, dimana 7 kali untuk praktik pembelajaran dan 1 kali digunakan untuk ujian mengajar di kelas. Adapun hal-hal yang diperhatikan dalam kegiatan ini, yaitu:
a.       Membuka Pelajaran
Pada saat jam pelajaran pertama diserahkan untuk berdoa, menyayikan lagu Indonesia raya, salam pembuka, absen siswa, penyampaian tujuan pembelajaran dan apersepsi
b.      Menyampaikan Materi
Dalam penyampaian materi pelajaran digunakan beberapa metode yang sesuai dan media yang sesuai pula dengan materi yang diajarkan. Adapun teknik yang dilakukan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan siswa diminta untuk aktif di kelas. Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan RPP yang sudah dibuat. Dalam pengajaran Matematika yang perlu ditekankan adalah penyampaian konsep yang benar, agar siswa tidak bingung dan materi yang di sampaikan juga harus jelas.
c.       Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi ini merupakan alat untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran berhasil. Dari evaluasi ini keberhasilan pembelajaran dapat diketahui maka perlu adanya penilaian dari beberapa aspek yang meliputi pengelolaan kelas, keaktifan siswa, perhatian dan penampilan siswa dalam kelas serta perubahan pengetahuan siswa.
d.      Menutup Pembelajaran
Pada saat menutup kegiatan pembelajaran mahasiswa praktikkan memberikan beberapa garis besar dari penyampaian materi yang telah disampaikan dan diakhiri dengan mengucap salam.

C.      Praktik Persekolahan
1.      Administrasi Sekolah
Mahasiswapraktikan tidak hanya melakukan praktik pembelajaran, tetapi juga melaksanakan praktik persekolahan. Hal ini berkaitan dengan administrasi yang menunjang pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah. Praktik persekolahan ini dilaksanakan sejak tanggal 2 September sampai 12 Oktober 2013. Administrasi yang dilakukan mahasiswa praktikan di SMK Negeri Ngadirojo antara lain:
a.      Administrasi Siswa
Administrasi siswa bertujuan untuk melakukan pencatatan data siswa secara tertib dan teratur. Pencatatan siswa ini dilakukan begitu siswa mendaftar sebagai calon siswa baru di SMKN Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo.
Ruang Lingkup administrasi kesiswaan antara lain :
1)   Data penerimaan siswa baru
2)   Data pengelompokkan siswa
3)   Data MOS
4)   Daftar hadir siswa
5)   Mutasi siswa
6)   Buku induk siswa
7)   Administrasi BK
8)   Administrasi UKS
Siswa di SMKN Ngadirojo terdiri dari laki – laki dan perempuan dengan jumlah keseluruhan  siswa 805 siswa.
Mahasiswa praktikan jurusan pendidikan matematika praktek pembelajaran di 2 kelas.  Setiap mengadakan praktek pembelajaran di kelas, mahasiswa praktikan tidak hanya mengecek daftar hadir siswa, namun juga mengambil nilai dari masing-masing siswa. Adapun daftar hadir dan penilaian terlampir.
b.      Administrasi Personil
Pada kegiatan berlangsungnya di SMKN Ngadirojo unsur manusia memegang peranan yang sangat penting untuk membutuhkan pelaksanaan program sekolah. Sebuah sekolah membutuhkan tenaga edukatif dan administratif dengan maksud untuk mendukung kelancaran proses kegiatan belajar  ,mengajar di sekolah. Pegawai atau personalia sekolah akan menjalankan tugasnya dalam mengelola, memberdayakan sumber–sumber yang ada dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
Terdapat empat prinsip dasar manajemen personalia yaitu : (a) dalam mengembangkan sekolah, sumber daya manusia adalah komponen paling berharga; (b) sumber daya manusia akan berperan secara optimal jika dikelola dengan baik, sehingga mendukung tujuan institusional; (c) kultur dan suasana organisasi di sekolah, serta perilaku manajerial sekolah sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pengembangan sekolah ;dan (d) manajemen personalia di sekolah pada prinsipnya mengupayakan agar setiap warga dapat bekerja sama dan saling mendukung untuk mencapai tujuan sekolah.
Adapun ruang lingkup pekerjaan administrasi personil atau kepegawaian antara lain :
1)      Dalam penyampaian materi pelajaran digunakan beberapa metode yang sesuai dan media yang sesuai pula dengan materi yang diajarkan. Adapun teknik yang dilakukan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan siswa diminta untuk aktif di kelas. Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan RPP yang sudah dibuat. Dalam pengajaran Matematika yang perlu ditekankan adalah penyampaian konsep yang benar, agar siswa tidak bingung dan materi yang di sampaikan juga harus jelas.
2)      Buku Induk Pegawai
3)      Mutasi Pegawai
4)      Cuti Pegawai
5)      BP3
6)      Kendali kenaikan Pangkat
7)      Kendali Kenaikan Gaji Berkala
8)      Absensi guru / pegawai
9)      Daftar Urut Kepangkatan
10)  File Pegawai
11)  Legalisisai surat – surat milik guru
Unsur pokok dari personalia di SMKN Ngadirojo adalah :
1)   Kepala Sekolah
Kepala Sekolah  tergolong administrator yang tugasnya melaksanakan kebijakan, peraturan dan ketentuan yang telah digariskan dan ditetapkan oleh instansi atau lembaga yang lebih tinggi. Disamping memberi tugas dan tanggung jawab pada guru sekolah, kepala sekolah juga perlu memperhatikan kesejahteraan kepentingan maupun inspirasi para guru.
Secara terinci tugas kepala sekolah antara lain :
a)      Proses belajar mengajar
b)      Kesiswaan
c)      Kepegawaian
d)     Perlengkapan
e)      Keuangan
f)       Hubungan masyarakat
g)      Ketatausahaan sekolah
Dalam urusan kepegawaian kepala sekolah mempunyai tugas khusus dan bertanggung jawab :
a)      Merencanakan kebutuhan, pengadaan dan pengangkatan calon pegawai atau guru.
b)      Melaksanakan pembinaan pegawai atau guru
c)      Pemindahan, pemberhentian, pensiun, cuti pegawai
d)     Menyelenggarakan ketatalaksanaan urusan pegawai.
2)   Wakil kepala sekolah
Tugas wakil kepala sekolah ialah membantu kepala sekolah menyalurkan pekerjaannya. Kedudukannya adalah membantu dan pekerjaannya menyalurkan beberapa kegiatan administrasi yang dilimpahkan padanya.
3)   Pegawai tata usaha Sekolah
Tata usaha merupakan tenaga administrasi yang diangkat secara resmi. Kedudukannya dibawah kepala sekolah, tugasnya mengerjakan kegiatan administrasi yang telah ditetapkan yaitu yang berhubungan dengan ketatalaksanaan kantor sekolah.
4)   Guru (Dewan guru)
Kedudukan guru adalah sentral artinya menduduki inti dari fungsi sekolah. Tugas guru mengajar dan mendidik tanggung jawab guru dalam bidang proses pengajaran meliputi :
a)      Tujuan khusus belajar mengajar
b)      Materi dan kegiatan belajar mengajar
c)      Metode belajar mengajar
d)     Pemanfatan media belajar mengajar
e)      Membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar.
f)       Koordinator bimbingan dan penyuluhan.
Tugas dari personal inti antara lain :
a)      Menyusun program-program bimbingan dan penyuluhan
b)      Memonitor pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan
c)      Mengkoordinasikan dan mengatur pembagian tugas petugas bimbingan dan penyuluhan.
5)   Wali kelas
Tugasnya membantu memberikan berbagai keterangan yang diperlukan siswa, mengenal setiap pribadi siswa dengan segala karakternya dan juga melaksanakan kegiatan administrasi kelas.
Dalam administrasi personil, mahasiswa praktikan membantu dalam hal:
a)      Melaksanakan program pembelajaran
b)      Mengisi dan meneliti hasil daftar hadir siswa sebelum mengajar.
c)      Mengisi daftar hadir di sekretariat PPL maupun di TU .
d)     Menggantikan beberapa guru yang lain yang tidak hadir atau tidak dapat mengajar.
c.       Administrasi Kurikulum
Kurikulum yang digunakan oleh SMK Negeri Ngadirojo adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Adapun program tahunan yang dilaksanakan di SMK Negri Ngadirojo tahun pelajaran 2013/2014 antara lain:
1)        Penjelasan kalender akademik
2)        Pembagian tugas guru dalam proses KBM
3)        Penyusunanjadwal KBM
4)        Pelaksanaan KBM
5)        Pelaksanaan pengajaran supervisi KBM
6)        Evaluasi (Ulangan Harian, UTS, UAS, dan UN)
7)        Penyusunan perangkat kerja
8)        Sosialisasi pengembangan kurikulum
9)        Kegiatan Ekstrakurikuler
10)    Evaluasi pelaksanaan program
11)    Praktik Laboratorium
12)     
d.      Administrasi Sarana dan Prasarana
Administrasi sarana dan prasarana merupakan segala kegiatan yang berkenaan dengan pengelolaan barang – barang perlengkapan penunjang kegiatan sekolah yang berada di sekolah agar dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.  Fasilitas atau sarana dan prasarana sangat diperlukan dalam proses kegiatan pembelajaran di sekolah, karena sangat menentukan jalannya pengajaran dan metode pengajaran yang dipakai oleh guru.
Urusan sarana dan prasarana mempunyai tugas yang harus dilakukan atau ditangani antara lain sebagai berikut :
1)        Rencana pengadaan barang inventaris
2)        Data penerimaan barang inventaris
3)        Data penghapusan barang inventaris
4)        Buku inventaris
5)        Daftar pendayagunaan barang
6)        Daftar pemeliharaan barang
Adapun sarana dan prasarana yang ada di SMK Negeri Ngadirojo terlampir pada bagian lampiran. 
e.       Administrasi Keuangan
Administrasi keuangan merupakan salah satu bagian dari struktur organisasi Tata Usaha di SMK Negeri Ngadirojo. Adapun ruang lingkup pekerjaan bidang administrasi keuangan di SMK N Ngadirojo adalah sebagai berikut :
1)      RAPB Sekolah
2)      Rencana penggunaan dana
3)      Surat perintah membayar
4)      Daftar belanja
5)      Berita acara penyerahan barang
6)      Proses pencairan dana
7)      Penyimpanan, pembayaran dan penggunaan dana
8)      Pembukuan :
a)      Buku penerimaan
b)      Buku pengeluaran dan bukti fisik
c)      Buku kas harian
d)     Buku kas umum
e)      Buku bank
f)       Berita acara pemeriksaan kas
9)      Arsip – arsip pemeriksaan kas
Adapun mahasiswa praktikan tidak ikut membantu dalam administrasi keuangan di sekolah ini.
f.       Administrasi Hubungan Masyarakat
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berguna bagi kepentingan masyarakat, agama, bangsa dan negara.
Oleh karena itu kegiatan sekolah dalam semua bidang harus relevan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat, khusunya masyarakat yang ada di sekitar lingkungan sekolah SMKN Ngadirojo. Kegiatan di SMKN Ngadirojo dilakukan secara terpadu dengan kegiatan masyarakat. Hubungan timbal balik antara masyarakat dan sekolah sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. dengan demikian, sekolah merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari masyarakat.
Hal ini sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 1989 pasal 25 yang menyatakan bahwa masyarakat bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan di sekolah. Sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari sekolah dan sekolah sendiri pun dapat bertanggung jawab serta ikut serta dalam mewarnai kehidupan masyarakat.
Adapaun ruang lingkup kewajiban bidang administrasi humas sebagai berikut :
1)        Kegiatan Kepramukaan
2)        Kegiatan Olahraga
3)        Data kejuaraan
4)        Data beasiswa
5)        Data penyaluran data Tamatan SMKN Ngadirojo
6)        Absensi rapat
7)        Notula rapat
8)        Laporan kegiatan
2.      Pelaksaan Prinsip-Prinsip Supervisi Pendidikan di Sekolah
Supervisi pendidikan di sekolah dilakukan untuk sarana perbaikan dari mutu pembelajaran sekolah tersebut. Adapun prinsip-prinsip supervisi pendidikan di SMK Negeri Ngadirojo adalah:
a.       Pengawasan Langsung
Kepala sekolah setiap hari terjun langsung ke lapangan dan melakukan kegiatan seperti:
1)        Memeriksa bagian guru (guru piket) untuk mengetahui siapa saja yang tidak hadir atau ijin.
2)        Melakukan sedikit  pengamatan di depan sekolah sebelum jam 7 pagi untuk melihat kondisi siswa dan guru apakah hadir tepat waktu atau terlambat.
3)        Berkeliling di lingkungan sekolah untuk melihat langsung kondisi yang ada di sekolah.
4)        Mengecek kelas–kelas untuk melihat apakah ada mata pelajaran yang kosong dan memberikan pengarahan khususnya untuk kelas XII yang akan melaksanakan Ujian Nasional.
5)        Menanyakan kepada stafnya apakah ada masalah atau kesulitan dalam tugasnya masing – masing.
b.      Pengawasan Tidak Langsung
Selain pengawasan langsung,  Kepala Sekolah juga melaksanakan pengawasan secara tidak langsung dengan adanya laporan dari staf.
3.      Pelaksaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling
Tujuan dari bimbingan konseling secara umum adalah membantu siswa mengenai bakat, minat dan menyelesaikan permasalahan yang ada.  Sistem kerja dari bimbingan konseling dilaksanakan dalam berbagai cara menurut sifat permalahan siswa, kesiapan tenaga pembimbing serta ketersediannya waktu.
Tugas Bimbingan dan Konseling secara umum meliputi :
a.       Mengumpulkan data
b.      Mengalisa data
c.       Mengidentifikasi data
d.      Evaluasi
Dengan adanya tugas BK ini sangat membantu guru dalam memperbaiki proses pembelajaran. Dengan keempat poin di atas, BK dapat mengurangi kesalahan atau kendala yang ditimbulkan dari siswa dan juga masyarakat sekitar.
Bimbingan dan Konseling di SMKN Ngadirojo berjalan dengan baik, dengan perencanaan matang dan tertuang dalam program kerja tahunan kemudian diperjelas dalam program kerja semester dan dirinci dalam program kerja bulanan.
4.      Penyelenggaran Kegiatan Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan sekolah yang waktu pelaksanannya di luar jam pelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi bekal dan menambah keterampilan siswa. Dengan harapan siswa SMKN Ngadirojo selain bermanfaat bagi dirinya sendiri, keterampilan siswa ini dapat diaplikasikan langsung di masyarakat.
Ekstrakurikuler merupakan sarana untuk menunjang proses belajar dan dianggap sangat penting keberadannya di SMKN Ngadirojo. Selain itu, kegiatan ini ini berfungsi untuk mengembangkan kreatifitas, kompetensi dan minat siswa dalam bidang tertentu seperti Pramuka, PMR, bolavoli, sepak takraw. Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMKN Ngadirojo adalah sebagai berikut :
a.       Pramuka
b.      Bolavoli
c.       Sepak takraw
d.      PMR
e.       Kesenian
5.      Pengelolaan Pusat Sumber Belajar/Perpustakaan
SMK Negeri Ngadirojo sudah memiliki perpustakaan sendiri.Tetapi belum lengkap yang terletak di gedung SMK N Ngadirojo bagian timur.   

D.      Analisis Hasil Pelaksanaan
Praktik Pengalaman Lapangan adalah wadah bagi mahasiswa praktikan untuk menunjukkan kemampuannya di bidang keguruan yaitu dengan terjun secara langsung dalam proses kegiatan mengajar di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan juga memberikan suatu pengalaman yang berharga bagi mahasiswa praktikan yang dapat bermanfaat pada masa yang akan datang.
Adapun hasil analisis dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah sebgai berikut:
1.         Masuk jam 07.00 bagi shift pagi dan jam 13.00 bagi shift siang sebelum jam pelalajaran di mulai.
2.         Memberitahukan kepada guru pamong sebelum memasuki kelas.
3.         Masuk kelas dengan menyampaikan salam.
4.         Berdoa sebelum pelajaran di mulai.
5.         Khususnya untuk jam pelajaran pertama, pembiasaan yang dilakukan adalah menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”
6.         Melaksanakan apersepsi mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
7.         Memberikan motivasi kepada siswa.
8.         Melaksanakan proses belajar mengajar sesuai dengan RPP yang sudah dibuat.
9.         Mengakhiri pelajaran dengan memberi evaluasi, kesimpulan dan tugas kepada siswa.
10.     Menyampaikan salam ketika mengakhiri pelajaran, khusus untuk jam terakhir sebelum pulang siswa berdoa bersama dan berjabat tangan dengan guru.
Mahasiswa praktikan juga mendapat bimbingan dari guru pamong yaitu sebagai berikut:
1.         Kompetensi personal, yaitu kesungguhan, perilaku dan sikap mahasiswa mulai dari observasi sampai dengan selesainya kegiatan. Penilaian dilakukan oleh guru pamong yang meliputi:
a.       Kehadiran mahasiswa selama PPL.
b.      Kedisiplinan waktu dalam semua kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa selama PPL.
c.       Ketertiban dan ketaatan siswa dalam mematuhi aturan yang berlaku selama PPL.
2.         Kompetensi profesional, yakni melaksanakan praktik mengajar di kelas. Penilaian dilaksanakan oleh guru meliputi:
a.       Penampilan mahasiswa di depan kelas dan pengelolaan kelas.
b.      Kesesuaian antara tujuan dengan materi yang di rencanakan dengan yang di laksanakan.
c.       Penguasaan materi yang di ajarkan.
d.      Gaya dan antusiasnya selama mengajar serta pelaksanaanya bimbingan kepada siswa.
e.       Cara memberikan kesimpulan akhir kepada siswa
Beberapa faktor penghambat dan penunjang Kegiatan PPL:
1.         Faktor penghambat:
a.    Siswa siswi SMK Negeri Ngadirojo
Siswa-siswi sekolah ini kurang begitu aktif dalam mengikuti pelajaran. mahasiswa praktikan harus mengulang dan memperjelaskan materi yang disampaikan.
b.    Fasilitas penunjang kegiatan KBM
Belum adanya fasilitas penunjang kegiatan KBM yang memadai sehingga proses KBM hanya dilakukan secara manual (menggunakan papan tulis), dan tidak adanya perpustakaan yang terletak di gedung SMK.
c.    Gedung sekolah yang masih dalam tahap pembangunan membuat kegiatan belajar mengajar kurang efektif dan efisien.
2.         Faktor Penunjang
a.    Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Pamong
Adanya koordinasi yang baik antara pihak sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Pamong yang membuat proses kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan berjalan dengan lancar.
b.    Siswa-siswi SMK Negeri Ngadirojo
Siswa-siswi SMK Negeri Ngadirojo yang dapat menerima dengan baik mahasiswa praktikan, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif, efisien, dan menyenangkan.


BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II adalah salah satu syarat bagi mahasiswa Strata 1 untuk menyelesaikan studinya dan menjadi wadah yang sangat bermanfaat kepada mahasiswa sebagai bekal pengalaman mengajar untuk menjadi guru profesional. Kesimpulan dari kegiatan tersebut adalah:
1.         Selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II di SMK Negeri Ngadirojo, mahasiswa praktikan mendapat banyak pengalaman  sebagai bekal untuk mendidik siswa-siswi generasi berikutnya agar lebih bermutu.
2.         Bagi mahasiswa praktikan, dengan pelaksanaan PPL II ini akan memperoleh:
a.         Pengalaman dalam menghadapi berbagai sifat dan karakteristik dari peserta didik.
b.        Memahami dan mengerti pentingnya kepemimpinan dan pengkondisian siswa baik sebelum, selama dan setelah proses KBM, guna pencapaian keberhasilan belajar siswa.
c.       Mengetahui kelengkapan sarana penunjang KBM untuk kelancaran proses pembelajaran dan pendidikan di sekolah menengah Kejuruan.

B.       Saran
Adapun saran yang dapat mahasiswa praktikan sampaikan adalah:
1.    Kepada pihak STKIP PGRI Pacitan, diharapkan lebih memperhatikan mahasiswa PPL II dan juga keadaan sekolah yang dijadikan tempat untuk melaksanakan PPL II, terutama sekolah yang terletak jauh dari kampus.
2.   
31
Kepada pihak sekolah SMK N Ngadirojo, sebaiknya fasilitas, sarana dan prasarana perlu ditambah agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.
3.    Kepada Dosen Pembimbing Lapangan, kami berterima kasih karena telah menjadi pembimbing yang baik dan semoga tetap ditingkatkan khususnya dalam koordinasi dengan mahasiswa PPL II.
4.    Kepada Guru Pamong, kami juga berterimakasih karena telah sabar dalam  membimbing kami selama kegiatan PPL II dan memberikan motivasi serta kesempatan bagi kami untuk menambah pengalaman.
5.    Kepada mahasiswa praktikan yang akan datang, sebaiknya memepersiapkan diri dengan kemampuan akademis maupun non akademis, sehingga praktik mengajar dapat berjalan dengan lancar.