Indikator Prestasi Belajar


Kunci pokok untuk memperoleh ukuran dan data hasil belajar siswa sebagaimana yang telah diuraikan diatas adalah mengetahui garis-garis besar indikator dikaitkan dengan jenis prestasi yang hendak diungkapkan atau diukur. Untuk lebih jelasnya disajikan sebuah Tabel 2.1
Tabel 2.1
Jenis, Indikator dan Cara Evaluasi Prestasi

Ranah/Jenis Prestasi
Indikator
Cara Evaluasi
A.      Ranah cipta (kognitif)
1.      Pengamat



2.      Ingatan





3.      Pemahaman


4.      Penerapan

5.      Analisis





6.      Sintesis


B.       Ranah rasa (afektif)
1.      Penerimaan





2.      Sambutan



3.      Apressiasi


4.      Internalisasi





5.      Karakterisasi

C.       Ranah karsa (psikomotor)
1.      Keterampilan bergerak dan bertindak
2.      Kecakapan ekspresi verbal dan nonverbal


1.    Dapat menunjukkan
2.    Dapat membandingkan
3.    Dapat menghubungkan

1.    Dapat menyebutkan
2.    Dapat menunjukkan kembali
1.    Dapat menjelaskan
2.    Dapat mendefinisikan dengan lisan sendiri


1.    Dapat memberikan contoh
2.    Dapat menggunakan secara cepat

1.    Dapat menguraikan
2.    Dapat mengklasifikasikan

1.    Dapat menghubungkan
2.    Dapat menyimpulkan
3.    Dapat menggeneralisasikan
1.      Menunjukkan sikap menerima
2.      Menunjukkan sikap menolak


1.    Kesediaan berpartisipasi
2.    Kesediaan untuk memanfaatkan

1.    Menganggap penting
2.    Menganggap indah
3.    Memagumi


1.    Mengakui dan menyakini
2.    Mengingkari



1.    Melembagakan atau meniadakan
2.    Menjelmakan dalam pribadi dan perilaku sehari-hari
1.    Mengkoordinasikan gerak mata, tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya



1.    Mengucapkan
2.    Membuat mimik dan gerak jasmani


1.    Tes lisan
2.    Tes tertulis
3.    Observasi



1.    Tes lisan
2.    Tes tertulis
3.    Observasi
1.    Tes lisan
2.    Tes tertulis



1.    Tes tertulis
2.    Pemberian tugas
3.    Observasi

1.    Tes tertulis
2.    Pemberian tugas

1.    Tes tertulis
2.    Pemberian tugas


1.   Tes tertulis
2.   Tes skala sikap
3.   Observasi


1.    Tes skala sikap
2.    Pemberian tugas
3.    Observasi

1.    Tes skala penilaian
2.    Pemberian tugas ekspresif dan proyektif
3.    Observasi

1.   Pemberian tugas ekspresif dan proyektif
2.   Observasi


1.    Observasi
2.    Tes tindakan

1.    Observasi
2.    Tes tindakan


Diadaptasi dari Syah dalam Lestari (2010)
Setelah mengetahui indikator dari prestasi belajar, pengukuran tingkat keberhasilan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Norma-norma pngukuran tersebut ialah:
a.          Norma skala angka 0-10
b.         Norma skala angka 0-100
Selanjutnya selain norma-norma diatas, ada lagi norma prestasi belajar dengan menggunakan simbul huruf-huruf A,B,C,D,dan E. Simbol huruf-huruf ini dapat dipandang sebagai terjemahan dari simbol angka-angka sebagaimana termuat dalam tabel dibawah ini.
Tabel 2.2
Simbol Nilai, Angka, dan Huruf

Simbol-Simbol Nilai Angka dan Huruf
Predikat
Angka-angka
Huruf
8-10 = 80-100 = 3,1-4
7-7,9 = 70-79 = 2,1-3
6-6,9 = 60-69 = 1,1-2
5-5,9 = 50-59 = 1
0-4,9 = 0-49 = 0
A
B
C
D
F
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Gagal
Diadaptasi dari Syah dalam Lestari (2010)
Pada penelitian ini prestasi belajar diukur melalui tes formatif atau post-test pada akhir pembelajaran dengan berpedoman dengan norma-norma pengukuran prestasi belajar tersebut di atas.

No comments:

Post a Comment