Strategi belajar PQ4R

Salah satu teknik belajar yang sangat dikenal membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang mereka baca adalah metode PQ4R (Thomas dan Robinson dalam Istiqomah). Metode ini digunakan untuk meningkatkan kinerja memori untuk memahami lebih dalam materi dan dapat mendorong siswa untuk mampu mengolah materi tersebut.
Strategi belajar PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi yang mana seperti yang diungkapkan oleh Pratiwi (Trianto, 2007:146), strategi ini terdiri dari: (1) pembuatan catatan, (2) penggunaan analogi, dan (3) strategi PQ4R.  
Strategi belajar PQ4R meminta siswa untuk melakukan Preview yang berarti siswa menemukan ide-ide pokok yang akan dikembangkan dengan membaca cepat terkait isi dari bacaan, Question atau bertanya yang berarti siswa mendalami bacaan dengan merumuskan pertanyaan, Read yang berarti secara detail siswa membaca bahan bacaan, Reflect yang berarti melakukan refleksi dan siswa mampu mengaitkan antara konsep yang satu dengan yang lain dengan menghubungkan informasi yang baru kedalam bacaan, Recite yaitu siswa merenungkan kembali apa yang telah dipelajari dgn menjawab pertanyaan tanpa buka buku, dan yang terakhir adalah Review yang berarti siswa diminta untuk mngulang kembali seluruh isi bacaan yang telah dipelajari dengan  membuat rangkuman atau inti sari dari apa yang telah dipelajari.
Strategi belajar PQ4R sesuai dengan kepanjangannya terdiri atas  6 langkah pendukung. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut (Trianto, 2007:147):
1)        Preview
Langkah pertama ini dimaksudkan agar siswa membaca selintas dengan cepat sebelum mulai membaca bahan bacaan siswa. Siswa dapat memulai dengan membaca topik-topik, sub topik utama, judul dan sub judul, kalimat-kalimat permulaan atau akhir suatu paragraf, atau ringkasan pada akhir suatu bab. Apabia hal itu tidak ada, siswa dapat memeriksa setiap halaman dengan cepat, membaca satu atau dua kalimat disana-sini sehingga diperoleh sedikit gambaran megenai apa yang akan dipelajari. Perhatika ide pokok yang akan menjadi inti pembahasan dalam bahan bacaan siswa. Dengan ide pokok ini akan memudahkan mereka memberikan keseluruhan ide yang ada.
2)        Question
Langkah kedua  adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri untuk setiap pasal yang ada pada bahan bacaan siswa. Pergunakan judul dan sub bab judul atau topik dan sub topik uatma. Awali pertanyaan dengan menggunakan kata apa, siapa, mengapa, dan bagaimana. Kalau pada akhir bab telah ada daftar pertanyaan yang dibuat oleh pengarang, hendaklah baca terlebih dahulu. Pengalaman telah menunjukkan bahwa apabila seseorang membaca untuk menjawab sejumlah pertanyaan, maka akan membuat dia membaca lebih hati-hatidan seksama serta akan dapat membantu mengingat apa yang telah dbaca dengan baik.
3)        Read
Langkah ketiga yaitu supaya siswa membaca secara aktif, yakni dengan cara pikiran siswa harus memberikan reaksi terhadap apa yang dibacanya. Janganlah membuat catatan-catatan panjang. Cobalah mencari jawaban terhadap semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.
4)        Reflect
Reflect bukanlah suatu langkah terpisah dengan langkah ketiga, tetapi merupakan suatu komponen esensial dari langkah ketiga tersebut. Selama membaca siswa tidak hanya cukup mengingat atau menghafal, tetapi cobalah untuk memehami informasi yang dipresentasikan  dengan cara (1) menghubungkan informasi itu dengan hal-hal yang telah anda ketahui,(2) mengkaitkan subtopik-subtopik didalam teks dengan konsep-konsep atau prinsip-prinsip utama, (3) cobalah untuk memecahkan kontradiksi didalam informasi yang disajikan, (4) cobalah untuk menggunakan materi itu untuk memecahkan masalah-masalah yang disimulasikan dan dianjurkan dari materi pelajaran tersebut.
5)        Recite
Pada langkah kelima ini, siswa diminta untuk merenungkan (mengingat) kembali informasi yang telah dipelajari dengan menyatakan butir-butir penting dengan nyaring dan dengan menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Siswa dapat melihat kembali catatan yang telah dibuat pada langkah terdahulu dan menggunakan kata-kata yang ditonjolkan dalam bacaan. Dari catatan-catatan yang telah dibuat pada langkah-langkah terdahulu dan berlandaskan ide-ide yang ada pada siswa, maka mereka diminta membuat intisari materi dari bacaan.
6)        Review
Pada langkah terakhir ini siswa diminta untuk membaca catatan singkat (intisari) yang telah dibuatnya, mengulang kembali selurh isi bacaan bila perlu dan sekali lagi jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
Strategi belajar ini dapat membantu siswa memahami materi pelajaran, terutama terhadap materi yang sulit dan dapat menolong siswa untuk konsentrasi lebih lama. Langkah langkah pemodelan pembelajaran dengan penerapan strategi belajar PQ4R terdapat pada Tabel 2.3
Tabel  2.3
Langkah-Langkah Pemodelan Pembelajaran dengan Penerapan Strategi Belajar PQ4R

Langkah-langkah
Tingkah Laku Guru
Aktivitas Siswa
Langkah 1
Preview
a.         Memberikan bahan bacaan kepada siswa untuk dibaca
b.         Menginformasikan kepada siswa bagaimana menemukan ide pokok/ tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
Membaca selintas dengan cepat untuk menemukan ide pokok/ tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
Langkah 2
Question
a.         Menginformasikan kepada siswa agar memperhatikan makna dari bacaan
b.         Memberikan tugas kepada siswa untuk membuat pertanyaan dari ide pokok yang ditemukan dengan menggunakan kata-kata apa, mengapa, siapa, dan bagaimana
a.         Memperhatikan penjelasan guru
b.         Menjawab pertanyaan yang telah dibuatnya
Langkah 3
Read
Memberikan tugas kepada siswa untuk membaca dan menanggapi/ menjawab pertanyaan yang telah disusun sebelumnya
Membaca secara aktif sambil memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dibaca dan menjawab pertanyaan yang dibuatnya
Langkah 4 reflect
Mensimulasikan/ menginformasikan materi yang ada pada bahan bacaan
Bukan hanya sekedar menghafal dan mengingatmateri pelajaran tapi mencoba memecahkan masalah dari informasi yang diberikan oleh guru dengan pengetahuan yang telah diketahui melalui bahan bacaan
Langkah 5
Recite
Meminta siswa membuat intisari dari seluruh pembahasan pelajaran yang dipahami
a.         Menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan
b.         Melihat catatan-catatan/ intisari yang telah dibuat sebelumnya
c.         Membuat intisari dari seuruh pembahasan
Langkah 6
Review
a.         Menugaskan siswa membaca intisari yang dibuatnya dari rincian ide pokok yang ada dalam benaknya
b.         Meminta siswa membaca kembali bahan bacaan, jika masih belum yakin dengan jawabannya
a.         Membaca intisari yang telah dibuatnya
b.         Membaca kembali bahan bacaan siswa jika masih belum yakin akan jawaban yang telah dibuatnya

Dalam pembelajaran dengan penerapan strategi belajar metode PQ4R, maka aktivitas yang akan dilakukan oleh guru memenuhi langkah-langkah seperti pada Tabel 2.4
Tabel 2.4
Langkah-langkah Penerapan Pembelajaran Strategi Belajar PQ4R

No
Akifitas Guru
Aktivitas
I
PENDAHULUAN
a.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.    Mengaitkan pelajaran yang akan dipelajari dengan pengetahuan awal siswa
c.    Memotivasi siswa

a.  Dalam pelaksanaan KBM guru menginformasikan tujuan pembelajaran secara lisan, dan menuliskan TPK yang akan dicapai
b.  Guru mengingatkan kembali materi-materi sebelumnya yang relevan dengan materi yang akan disampaikan
c.  Guru memotivasi siswa dengan memperlihatkan fenomena tervisualisasi
II
KEGIATAN INTI

a.     Mempresentasikan materi
b.     Pemodelan strategi belajar metode PQ4R
c.     pemberian latihan terbimbing
d.    Umpan  balik 
e.     Pemberian latihan mandiri


a.  Sebelum pelaksanaan pengajaran strategi belajar, guru mempresentasikan sedikit gambaran umum dari materi yang akan dipelajari
b. Guru memodelkan keterampilan strategi belajar PQ4R langkah perlangkah pada tiap-tiap lahapnya, dengan memakai sedikit materi dari bacaan
c.  Siswa dibawah bimbingan guru, melakukan ketrampilan strategi belajar PQ4R, dengan mengerjakan kertas kerja siswa
d. Pada tahap umpan balik, guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mereka jawab. Guru menunjuk beberapa siswa
e.  Guru memberikan latihan mandiri kepada siswa untuk membaca kelanjutan dari isi bacaan pada buku siswa dengan memakai ketrampilan strategi belajar PQ4R
III
PENUTUP
a.     Merangkum pelajaran
b.     Catatan

Guru bersama-sama dengan siswa merangkum materi pelajaran dengan cara membaca kesimpulan yang telah dibuat secara klasikal.
a.  Guru selama KBM, jangan membuat kesan yang monoton
b.  Guru hendaknya menentukan waktu, kapan tiap-tiap tahap dilaksanakan
c.  Tetap mempertahankan motivasi siswa
d. Guru hendaknya memakai kata-kata yang mudah dipahami siswa
e.  Guru hendaknya membimbing siswa satu persatu pada saat melakukan pelatihan
Diadaptasi dari Arends (1997: 67 dan 257)

Dalam penelitian ini langkah- langkah penerapan strategi belajar PQ4R dilakukan sesuai dengan  langkah- langkah di atas.

No comments:

Post a Comment