Salah satu teknik
belajar yang sangat dikenal membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi
yang mereka baca adalah metode PQ4R
(Thomas dan Robinson dalam Istiqomah). Metode ini digunakan untuk meningkatkan
kinerja memori untuk memahami lebih dalam materi dan dapat mendorong siswa
untuk mampu mengolah materi tersebut.
Strategi belajar PQ4R merupakan salah satu bagian dari
strategi elaborasi yang mana seperti yang diungkapkan oleh Pratiwi (Trianto,
2007:146), strategi ini terdiri dari: (1) pembuatan catatan, (2) penggunaan
analogi, dan (3) strategi PQ4R.
Strategi belajar PQ4R meminta siswa untuk melakukan Preview yang berarti siswa menemukan
ide-ide pokok yang akan dikembangkan dengan membaca cepat terkait isi dari
bacaan, Question atau bertanya yang
berarti siswa mendalami bacaan dengan merumuskan pertanyaan, Read yang berarti secara detail siswa
membaca bahan bacaan, Reflect yang
berarti melakukan refleksi dan siswa mampu mengaitkan antara konsep yang satu
dengan yang lain dengan menghubungkan informasi yang baru kedalam bacaan, Recite yaitu siswa merenungkan kembali
apa yang telah dipelajari dgn menjawab pertanyaan tanpa buka buku, dan yang
terakhir adalah Review yang berarti
siswa diminta untuk mngulang kembali seluruh isi bacaan yang telah dipelajari
dengan membuat rangkuman atau inti sari
dari apa yang telah dipelajari.
Strategi belajar PQ4R sesuai dengan kepanjangannya
terdiri atas 6 langkah pendukung. Adapun
langkah-langkahnya sebagai berikut (Trianto, 2007:147):
1)
Preview
Langkah pertama ini
dimaksudkan agar siswa membaca selintas dengan cepat sebelum mulai membaca
bahan bacaan siswa. Siswa dapat memulai dengan membaca topik-topik, sub topik
utama, judul dan sub judul, kalimat-kalimat permulaan atau akhir suatu paragraf,
atau ringkasan pada akhir suatu bab. Apabia hal itu tidak ada, siswa dapat
memeriksa setiap halaman dengan cepat, membaca satu atau dua kalimat
disana-sini sehingga diperoleh sedikit gambaran megenai apa yang akan
dipelajari. Perhatika ide pokok yang akan menjadi inti pembahasan dalam bahan
bacaan siswa. Dengan ide pokok ini akan memudahkan mereka memberikan
keseluruhan ide yang ada.
2)
Question
Langkah kedua adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan
kepada diri sendiri untuk setiap pasal yang ada pada bahan bacaan siswa.
Pergunakan judul dan sub bab judul atau topik dan sub topik uatma. Awali
pertanyaan dengan menggunakan kata apa, siapa, mengapa, dan bagaimana. Kalau
pada akhir bab telah ada daftar pertanyaan yang dibuat oleh pengarang,
hendaklah baca terlebih dahulu. Pengalaman telah menunjukkan bahwa apabila
seseorang membaca untuk menjawab sejumlah pertanyaan, maka akan membuat dia
membaca lebih hati-hatidan seksama serta akan dapat membantu mengingat apa yang
telah dbaca dengan baik.
3)
Read
Langkah ketiga yaitu
supaya siswa membaca secara aktif, yakni dengan cara pikiran siswa harus
memberikan reaksi terhadap apa yang dibacanya. Janganlah membuat
catatan-catatan panjang. Cobalah mencari jawaban terhadap semua
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.
4)
Reflect
Reflect bukanlah suatu langkah terpisah dengan langkah ketiga,
tetapi merupakan suatu komponen esensial dari langkah ketiga tersebut. Selama
membaca siswa tidak hanya cukup mengingat atau menghafal, tetapi cobalah untuk
memehami informasi yang dipresentasikan
dengan cara (1) menghubungkan informasi itu dengan hal-hal yang telah
anda ketahui,(2) mengkaitkan subtopik-subtopik didalam teks dengan
konsep-konsep atau prinsip-prinsip utama, (3) cobalah untuk memecahkan
kontradiksi didalam informasi yang disajikan, (4) cobalah untuk menggunakan
materi itu untuk memecahkan masalah-masalah yang disimulasikan dan dianjurkan
dari materi pelajaran tersebut.
5)
Recite
Pada langkah kelima
ini, siswa diminta untuk merenungkan (mengingat) kembali informasi yang telah
dipelajari dengan menyatakan butir-butir penting dengan nyaring dan dengan menanyakan dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan. Siswa dapat melihat kembali catatan yang telah dibuat
pada langkah terdahulu dan menggunakan kata-kata yang ditonjolkan dalam bacaan.
Dari catatan-catatan yang telah dibuat pada langkah-langkah terdahulu dan
berlandaskan ide-ide yang ada pada siswa, maka mereka diminta membuat intisari
materi dari bacaan.
6)
Review
Pada langkah
terakhir ini siswa diminta untuk membaca catatan singkat (intisari) yang telah
dibuatnya, mengulang kembali selurh isi bacaan bila perlu dan sekali lagi jawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
Strategi belajar ini
dapat membantu siswa memahami materi pelajaran, terutama terhadap materi yang
sulit dan dapat menolong siswa untuk konsentrasi lebih lama. Langkah langkah
pemodelan pembelajaran dengan penerapan strategi belajar PQ4R terdapat pada Tabel 2.3
Tabel
2.3
Langkah-Langkah Pemodelan Pembelajaran
dengan Penerapan Strategi Belajar PQ4R
Langkah-langkah
|
Tingkah Laku Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Langkah 1
Preview
|
a.
Memberikan bahan bacaan kepada siswa untuk dibaca
b.
Menginformasikan kepada siswa bagaimana menemukan ide
pokok/ tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
|
Membaca selintas dengan cepat
untuk menemukan ide pokok/ tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
|
Langkah 2
Question
|
a.
Menginformasikan kepada siswa agar memperhatikan
makna dari bacaan
b.
Memberikan tugas kepada siswa untuk membuat
pertanyaan dari ide pokok yang ditemukan dengan menggunakan kata-kata apa,
mengapa, siapa, dan bagaimana
|
a.
Memperhatikan penjelasan guru
b.
Menjawab pertanyaan yang telah dibuatnya
|
Langkah 3
Read
|
Memberikan tugas kepada siswa
untuk membaca dan menanggapi/ menjawab pertanyaan yang telah disusun
sebelumnya
|
Membaca secara aktif sambil
memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dibaca dan menjawab pertanyaan
yang dibuatnya
|
Langkah 4 reflect
|
Mensimulasikan/
menginformasikan materi yang ada pada bahan bacaan
|
Bukan hanya sekedar menghafal
dan mengingatmateri pelajaran tapi mencoba memecahkan masalah dari informasi
yang diberikan oleh guru dengan pengetahuan yang telah diketahui melalui
bahan bacaan
|
Langkah 5
Recite
|
Meminta siswa membuat intisari
dari seluruh pembahasan pelajaran yang dipahami
|
a.
Menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan
b.
Melihat catatan-catatan/ intisari yang telah dibuat
sebelumnya
c.
Membuat intisari dari seuruh pembahasan
|
Langkah 6
Review
|
a.
Menugaskan siswa membaca intisari yang dibuatnya dari
rincian ide pokok yang ada dalam benaknya
b.
Meminta siswa membaca kembali bahan bacaan, jika
masih belum yakin dengan jawabannya
|
a.
Membaca intisari yang telah dibuatnya
b.
Membaca kembali bahan bacaan siswa jika masih belum
yakin akan jawaban yang telah dibuatnya
|
Dalam pembelajaran dengan penerapan strategi belajar metode PQ4R, maka aktivitas yang akan dilakukan
oleh guru memenuhi langkah-langkah seperti pada Tabel 2.4
Tabel 2.4
Langkah-langkah Penerapan Pembelajaran Strategi Belajar PQ4R
No
|
Akifitas
Guru
|
Aktivitas
|
I
|
PENDAHULUAN
a.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Mengaitkan pelajaran yang akan dipelajari dengan
pengetahuan awal siswa
c.
Memotivasi siswa
|
a. Dalam
pelaksanaan KBM guru menginformasikan tujuan pembelajaran secara lisan, dan
menuliskan TPK yang akan dicapai
b. Guru
mengingatkan kembali materi-materi sebelumnya yang relevan dengan materi yang
akan disampaikan
c. Guru
memotivasi siswa dengan memperlihatkan fenomena tervisualisasi
|
II
|
KEGIATAN INTI
a.
Mempresentasikan materi
b.
Pemodelan strategi belajar metode PQ4R
c.
pemberian latihan terbimbing
d.
Umpan
balik
e.
Pemberian latihan mandiri
|
a. Sebelum
pelaksanaan pengajaran strategi belajar, guru mempresentasikan sedikit
gambaran umum dari materi yang akan dipelajari
b. Guru
memodelkan keterampilan strategi belajar PQ4R
langkah perlangkah pada tiap-tiap lahapnya, dengan memakai sedikit materi
dari bacaan
c. Siswa
dibawah bimbingan guru, melakukan ketrampilan strategi belajar PQ4R, dengan mengerjakan kertas kerja
siswa
d. Pada
tahap umpan balik, guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk
mereka jawab. Guru menunjuk beberapa siswa
e. Guru
memberikan latihan mandiri kepada siswa untuk membaca kelanjutan dari isi
bacaan pada buku siswa dengan memakai ketrampilan strategi belajar PQ4R
|
III
|
PENUTUP
a.
Merangkum pelajaran
b.
Catatan
|
Guru bersama-sama dengan siswa merangkum materi
pelajaran dengan cara membaca kesimpulan yang telah dibuat secara klasikal.
a. Guru
selama KBM, jangan membuat kesan yang monoton
b. Guru
hendaknya menentukan waktu, kapan tiap-tiap tahap dilaksanakan
c. Tetap
mempertahankan motivasi siswa
d. Guru
hendaknya memakai kata-kata yang mudah dipahami siswa
e. Guru
hendaknya membimbing siswa satu persatu pada saat melakukan pelatihan
|
Diadaptasi
dari Arends (1997: 67 dan 257)
Dalam penelitian ini langkah- langkah penerapan strategi
belajar PQ4R dilakukan sesuai dengan
langkah- langkah di atas.
No comments:
Post a Comment