PEMETAAN
SK, KD DAN ASPEK
MATEMATIKA
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Matematika .
Kelas / Semester :
X/1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Aspek
|
Ket
|
|
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
|
Penerapan
|
||||
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma
|
1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar, dan
logaritma.
|
Menyederhanakan bentuk
suatu bilangan berpangkat.
Mengubah bentuk pangkat
negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.
Mengubah suatu bilangan ke
bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
Mengidentifi-kasi apakah suatu bilangan
termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
Melakukan operasi aljabar
pada bentuk akar.
Merasionalk-an
penyebut pecahan yang
berbentuk akar.
Mengubah bentuk akar ke
bentuk pangkat, dan sebaliknya.
Mengubah pangkat pecahan
negatif menjadi pangkat pecahan positif.
Menyelesaik-an persamaan
pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.
Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat (pangkat
bulat positif, negatif, dan nol),
notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar,
operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta
pangkat rasional.
Mengubah bentuk pangkat ke
bentuk logaritma, dan sebaliknya.
Melakukan operasi aljabar
pada bentuk logaritma.
Menentukan logaritma dan
antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel
logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan.
Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat - sifat logaritma,
serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau
kalkulator.
|
|
|
|
1.2. Melakukan manipu-lasi aljabar dalam
perhitu-ngan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
|
Menyederhanak-an bentuk
aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Membuktikan sifat- sifat
sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai sifat dari bilangan berpangkat rasional
dan berpangkat bulat positif,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan sifat- sifat dari logaritma.
|
|
|
|
|
2. Memecahk-an masalah yang berkaitan dengan fungsi,
persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
|
2.1. Memahami konsep fungsi.
|
Membedakan relasi yang
merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
Mengidentifikasi fungsi
aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
|
|
|
2.2. Menggambar grafik fungsi
aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
Menggambar grafik fungsi
aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi
linear), dan fungsi kuadrat.
|
|
|
|
|
2.3. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat.
|
Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran,
melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus abc.
Menentukan himpunan
penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian fungsi, fungsi aljabar
sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat,
serta penyelesaian dari persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Menggunakan diskriminan
dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.
Menggunakan rumus jumlah
dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
Menentukan sifat akar dari
persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat.
|
|
|
|
|
|
2.4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksama-an kuadrat.
|
Menyusun persamaan kuadrat
yang akar-akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian persamaan yang
dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.
Mengerjakan soal dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai diskriminan, rumus jumlah dan hasil kali
akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara koefisien persamaan kuadrat
dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui,
penyelesaian persamaan lain yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat.
Menentukan persamaan kurva
dari suatu fungsi kuadrat.
|
|
|
|
|
2.5. Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan / atau fungsi kuadrat.
|
Mengidentifikasi masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran
masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan
modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.
|
|
|
|
|
2.6.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya.
|
Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan persamaan kurva dari sebuah
fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi
kuadrat dalam penyelesaian masalah.
|
|
|
|
3. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu
variabel.
|
3.1. Menyelesaikan sistem
persamaan linear dan sistem persamaan
campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
|
Menentukan penyelesaian
sistem persamaan linear dua variabel.
Memberikan tafsiran
geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
Menentukan penyelesaian
sistem persamaan linear tiga variabel.
Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai penyelesaian dari sistem persamaan
linear dua variabel dan sistem persamaan linear tiga variabel.
Menentukan penyelesaian
sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.
Menentukan penyelesaian
sistem persamaan kuadrat dua variabel.
Menyelesaikan sistem
persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel.
|
|
|
|
|
3.2.Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear.
|
Mengidentifi-kasi masalah
yang berhu-bungan dengan sistem persamaan linear, menentukan besaran dari
masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan
modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.
|
|
|
|
|
3.3.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dan penafsirannya.
|
Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi menge-nai sistem persamaan linear dan kuadrat
dua variabel, sistem persamaan kuadrat, sistem persamaan linear dan bentuk
aljabar berderajat dua dengan dua variabel, serta penerapan sistem persamaan
linear dua dan tiga variabel.
|
|
|
|
|
3.4. Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk
pecahan aljabar.
|
Menjelaskan sifat dan
aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan.
Menentukan penyelesaian
pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan
bentuk linear dan kuadrat).
Menentukan penyelesaian
pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.
|
|
|
|
|
3.5.Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.
|
Mengidentifika-si masalah
yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel, menentukan besaran dari
masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematika-nya,
menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.
Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai pertidaksa-maan linear, pertidak-samaan
pecahan (pecahan bentuk linear dan kuadrat), pertidak-samaan bentuk akar,
pertidaksamaan bentuk nilai mutlak, dan pene-rapan konsep pertidak-samaan
satu variabel dalam menyelesaikan
masalah nyata.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru
mapel Matematika
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
No comments:
Post a Comment