SILABUS
Nama
Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
X
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1
Menggunakan
aturan pangkat, akar, dan logaritma
|
· Mengubah bentuk pangkat negatif ke
pangkat positif dan sebaliknya.
· Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat
dan sebaliknya.
· Melakukan operasi aljabar pada bentuk
pangkat, dan akar
· Menyederhanakan bentuk aljabar yang
memuat pangkat rasional
·
Merasionalkan bentuk akar
·
Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma
dan sebaliknya.
· Melakukan operasi aljabar dalam bentuk
logaritma.
· Menentukan syarat perpangkatan,
penarikan akar dan logaritma
|
Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
·
Bentuk
Pangkat
·
Bentuk
Akar
·
Bentuk
Logaritma
|
· Menyimak pemahaman tentang bentuk
pangkat, akar dan logaritma beserta keterkaitannya
· Mendefinisikan bentuk pangkat, akar dan
logaritma.
· Mendiskripsikan bentuk pangkat, akar dan
logaritma, serta hubungan satu dengan lainnya.
· Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk
pangkat
· Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk
akar
·
Mengaplikasikan
rumus-rumus bentuk logaritma
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis , PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
10 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan
logaritma
|
·
Menyederhanakan
bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma
· Membuktikan sifat-sifat sederhana
tentang bentuk bentuk pangkat, akar, dan logaritma
|
|
· Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar,
dan logaritma untuk menyelesaikan soal.
· Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat
sederhana pada bentuk pangkat, akar dan
logaritma.
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
8 x45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
STANDAR KOMPETENSI:
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
2.1
Memahami
konsep fungsi
|
· Membedakan relasi yang merupakan fungsi
dan yang bukan fungsi
· Mengidentifikasi jenis-jenis dan
sifat-sifat fungsi
|
Persamaan, pertidaksamaan dan Fungsi Kuadrat
·
Fungsi
Kuadrat
|
·
Memahami
konsep tentang relasi antara dua himpunan melalui contoh–contoh.
· Mengidentifikasi ciri-ciri relasi yang
merupakan fungsi.
· Mendeskripsikan pengertian fungsi
· Mengidentifikasi jenis-jenis dan
sifat-sifat fungsi
· Mendeskripsikan karakteristik fungsi
berdasarkan jenisnya.
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
2.2
Menggambar
grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
|
Menyelidiki
karakteristik grafik fungsi kuadrat dari bentuk aljabarnya.
Menggambar
grafik fungsi kuadrat
Menentukan
definit positif dan definit negatif
·
Membuat
grafik fungsi aljabar sederhana
|
·
Grafik
fungsi kuadrat
|
· Menentukan nilai fungsi dari fungsi
kuadrat sederhana.
· Membuat tafsiran geometris dari hubungan
antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
· Menggambar garafik fungsi kuadrat
menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi
kuadrat.
· Menentukan sumbu simetri dan titik
puncak grafik fungsi kuadrat dari grafiknya.
· Merumuskan hubungan antara sumbu simetri
dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dan koefisien-koefisien fungsi
kuadrat.
· Menentukan sumbu simetri dan titik
puncak grafik fungsi kuadrat dari rumus fungsinya.
· Menggambar grafik fungsi kuadrat
menggunakan hasil analisis rumus fungsinya.
· Mengidentifikasi definit positif dan
definit negatif suatu fungsi kuadrat dari grafiknya.
· Membuat grafik fungsi aljabar sederhana ( fungsi linear, fungsi
konstan, dan sebagainya) menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai
fungsinya.
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
2.3
Menggunakan
sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
|
·
Menentukan
akar-akar persamaan kuadrat.
·
Menentukan
himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
|
·
Persamaan
dan pertidaksanaan Kuadrat
|
· Mencari akar-akar persamaan kuadrat
dengan memfaktorkan.
· Mencari akar-akar persamaan kuadrat
dengan rumus.
· Menentukan penyelesaian pertidaksamaan
kuadrat.
· Menemukan arti geometris dari
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat menggunakan grafik fungsi
kuadrat.
· Mendeskripsikan tafsiran geometris dari
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
|
·
Menggunakan
rumus jumlah dan hasil kali akar-akar
persamaan kuadrat
|
·
Rumus
jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
|
· Menghitung jumlah dan hasil kali akar
persamaan kuadrat dari hasil penyelesaian persamaan kuadrat.
· Menentukan hubungan antara jumlah dan
hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat.
· Merumuskan hubungan antara jumlah dan
hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat
· Membuktikan rumus jumlah dan hasil kali
akar persamaan kuadrat.
· Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan
kuadrat dalam perhitungan.
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
|
·
Membedakan
jenis-jenis akar persamaan kuadrat
|
·
Jenis
akar persamaan kuadrat
|
·
Membedakan
jenis-jenis akar persamaan kuadrat melalui contoh-contoh.
·
Mengidentifikasi
hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai Diskriminan.
·
Merumuskan
hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai Diskriminan.
· Menyelidiki jenis akar persamaan
kuadrat.
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
2 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
2.4
Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat
|
· Menyusun persamaan kuadrat yang
akar-akarnya diketahui.
· Menentukan penyelesaian persamaan yang
dapat dibawa ke bentuk persamaan kuadrat/pertidaksamaan kuadrat
|
·
Menyusun
persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
·
Pernyelesian
persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
· Menyusun persamaan kuadrat yang
akar-akarnya diketahui.
· Menyusun persamaan kuadrat yang
akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya.
· Mengenali persamaan-persamaan yang dapat
diubah ke dalam persamaan kuadrat.
· Menyelesaikan persamaan yang dapat
dibawa ke bentuk persamaan kuadrat/ pertidaksamaan kuadrat.
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
2.5
Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat
2.6
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat dan penafsirannya
|
Membuat model matematika dari suatu
masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
Menyelesaikan model matematika dari
suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
Menafsirkan penyelesaian masalah dalam
matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan persamaan atau fungsi kuadrat
|
·
Penggunaan
persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah
|
· Mengidentifikasi masalah sehari-hari
yang mempunyai keterkaitan dengan persaman dan fungsi kuadrat.
· Merumuskan model matematika dari suatu
masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
· Menyelesaikan model matematika dari
suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
· Menafsirkan penyelesaian masalah dalam
matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan persamaan atau fungsi kuadrat
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x 45’
10 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
STANDAR KOMPETENSI:
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
3.1
Menyelesaikan
sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat
dalam dua variabel.
|
·
Menentukan penyelesaian sistem persamaan
linear dua variabel
|
Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
· Sistem Persamaan Linier Dua variabel
· Sistem Persamaan Linier Tiga variabel
|
· Mengidentifikasi langkah-langkah
penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel.
· Menggunakan sistem persamaan linear dua
variabel untuk menyelesaikan soal.
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
· Menentukan penyelesaian sistem persamaan
linear tiga variabel
|
|
· Mengidentifikasi langkah-langkah
penyelesaian sistem persamaan linier tiga
variabel
· Menggunakan sistem persamaan linear tiga
variabel untuk menyelesaikan soal.
|
|
|||
· Menentukan penyelesaian sistem persamaan
campuran linear dan kuadrat
dalam dua variabel
|
|
·
Mengidentifikasi
langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat
dalam dua variabel
· Menggunakan sistem persamaan Menggunakan
sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.
|
|
|||
3.2
Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.3
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dan penafsirannya
|
· Mengidentifikasi masalah yang berhubungan
dengan sistem persamaan linier
· Membuat model matematika yang
berhubungan dengan sistem persamaan linier
· Menentukan penyelesaian model matematika
dari masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linear
· Menafsirkan hasil penyesaian masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linier
|
·
Penerapan
Sistem Persamaan Linier Dua dan Tiga variabel
·
|
· Mengidentifikasi masalah sehari-hari
yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
· Merumuskan model matematika dari suatu
masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang
berhubungan dengan sistem persamaan linier
· Menyelesaikan model matematika dari
suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan
sehari-hari yang yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
· Menafsirkan penyelesaian masalah dalam
matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang yang berhubungan dengan sistem persamaan
linier
|
4 x 45’
4 x 45’
|
||
3.4
Menyelesaikan
pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
|
·
Menentukan
syarat penyelesaian pertidaksamaan yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
·
Menentukan
penyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan
aljabar
|
· Pertidaksamaan Satu Variabel Berbentuk
Pecahan Aljabar
|
· Mengidentifikasi langkah-langkah
penyelesaian pertidaksamaan satu variabel .
· Menggunakan pertidaksamaan satu variabel
untuk menyelesaikan soal.
· Mengidentifikasi langkah-langkah
penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan
aljabar.
· Menggunakan pertidaksamaan satu variabel
yang melibatkan bentuk pecahan aljabar untuk menyelesaikan soal
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
3.5
Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variabel
3.6
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variabel dan penafsirannya
|
· Mengidentifikasi masalah yang
berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel
· Membuat model matematika yang
berhubungan dengan pertidaksamaan
satu variabel
· Menentukan penyelesaian model matematika
dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk
pecahan aljabar
· Menafsirkan hasil penyesaian masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan
satu variabel berbentuk pecahan aljabar
|
· Penerapan Pertidaksamaan Satu Variabel
Berbentuk Pecahan Aljabar
|
· Mengidentifikasi masalah yang
berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.
· Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam
matematika atau mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan
satu variabel.
· Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam
matematika atau mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan
satu variabel.
· Menafsirkan penyelesaian masalah dalam
matematika atau mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan
satu variabel.
|
Metode :
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x 45’
4 x45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
|
Bekasi, Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika
QOSIM HASIM ADNAN, M.Pd.I HARI NOTO PRASETYO, S.Pd
No comments:
Post a Comment