Silabus Matematika SMA kelas X Semester 1








SILABUS


Nama Sekolah           : SMA 
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Kelas                           : X
Semester                     : 1

STANDAR KOMPETENSI:
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

1.1  Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma


















·     Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.

·     Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.

·     Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar

·     Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
·     Merasionalkan bentuk akar

·     Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.

·     Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma.

·     Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan logaritma

Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
·    Bentuk Pangkat
·    Bentuk Akar
·    Bentuk Logaritma


·     Menyimak pemahaman tentang bentuk pangkat, akar dan logaritma beserta keterkaitannya

·     Mendefinisikan bentuk pangkat, akar dan logaritma. 

·     Mendiskripsikan bentuk pangkat, akar dan logaritma, serta hubungan satu dengan lainnya.             

·     Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk pangkat  

·     Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar                       

·     Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma                   









Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis , PG
§  Tes Tertulis Uraian

10 x 45’


















Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



1.2  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma


·       Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma

·       Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk bentuk pangkat, akar, dan logaritma


·     Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.


·     Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar dan  logaritma.           


Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

8 x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain






STANDAR KOMPETENSI:
2.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

2.1    Memahami konsep fungsi











·     Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi






·     Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi


Persamaan, pertidaksamaan dan Fungsi Kuadrat
·    Fungsi Kuadrat
  • Relasi dan Fungsi

  • Jenis dan sifat fungsi



·    Memahami konsep tentang relasi antara dua himpunan melalui contoh–contoh.
·     Mengidentifikasi ciri-ciri relasi yang merupakan fungsi.
·     Mendeskripsikan pengertian fungsi



·     Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi
·     Mendeskripsikan karakteristik fungsi berdasarkan jenisnya.

Metode  :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


4 x 45’












Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



2.2    Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat

Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat dari bentuk aljabarnya.

Menggambar grafik fungsi kuadrat

Menentukan definit positif dan definit negatif













·         Membuat grafik fungsi  aljabar sederhana



·    Grafik fungsi kuadrat

·     Menentukan nilai fungsi dari fungsi kuadrat sederhana.
·     Membuat tafsiran geometris dari hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
·     Menggambar garafik fungsi kuadrat menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
·     Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari grafiknya.
·     Merumuskan hubungan antara sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dan koefisien-koefisien fungsi kuadrat.
·     Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari rumus fungsinya.
·     Menggambar grafik fungsi kuadrat menggunakan hasil analisis rumus fungsinya.
·     Mengidentifikasi definit positif dan definit negatif suatu fungsi kuadrat dari grafiknya.

·     Membuat grafik fungsi  aljabar sederhana ( fungsi linear, fungsi konstan, dan sebagainya) menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsinya.


Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

4 x 45’



Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



2.3    Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.


·         Menentukan akar-akar persamaan kuadrat.
·         Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat


·    Persamaan dan pertidaksanaan Kuadrat
  • Penyelesaian persamaan kuadrat
  • Penyelesaian pertidaksamaan kuadrat


·     Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan.

·     Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus.
·     Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
·     Menemukan arti geometris dari penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat menggunakan grafik fungsi kuadrat.
·     Mendeskripsikan tafsiran geometris dari penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.


Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

4 x 45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



·         Menggunakan rumus  jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
·         Rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
·     Menghitung jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dari hasil penyelesaian persamaan kuadrat.
·     Menentukan hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat.
·     Merumuskan hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat
·     Membuktikan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat.
·     Menggunakan rumus  jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dalam perhitungan.
Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian
4 x 45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



·         Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat

·         Jenis akar persamaan kuadrat
·    Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat melalui contoh-contoh.
·    Mengidentifikasi hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai Diskriminan.
·    Merumuskan hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai Diskriminan.
·     Menyelidiki jenis akar persamaan kuadrat.
Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

2 x 45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



2.4    Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

·      Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.





·      Menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan kuadrat/pertidaksamaan kuadrat

·         Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
·         Pernyelesian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

·     Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
·     Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya.
·     Mengenali persamaan-persamaan yang dapat diubah ke dalam persamaan kuadrat.

·      Menyelesaikan persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan kuadrat/ pertidaksamaan kuadrat.

Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


4 x 45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


2.5    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat


2.6    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
Membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat

Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat
·         Penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah
·     Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan persaman dan fungsi kuadrat.
·     Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
·     Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
·     Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat
Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian
4 x 45’




10 x 45’
Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain





STANDAR KOMPETENSI:
3.    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
3.1    Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel.






·     Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel




Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
·     Sistem Persamaan Linier Dua variabel
·     Sistem Persamaan Linier Tiga variabel

·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel.
·     Menggunakan sistem persamaan linear dua variabel untuk menyelesaikan soal.

Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


4 x 45’




Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


·     Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel







·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linier tiga  variabel
·     Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.




·     Menentukan penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel









·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
·     Menggunakan sistem persamaan Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.






3.2    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear

3.3    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
·     Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linier

·     Membuat model matematika yang berhubungan dengan sistem persamaan linier

·     Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linear 

·     Menafsirkan hasil penyesaian masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier

·     Penerapan Sistem Persamaan Linier Dua dan Tiga variabel

·      
·     Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
·     Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
·     Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
·     Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
4 x 45’







4 x 45’
3.4    Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
·     Menentukan syarat penyelesaian pertidaksamaan yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
·     Menentukan penyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
·     Pertidaksamaan Satu Variabel Berbentuk Pecahan Aljabar
·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan satu variabel .
·      Menggunakan pertidaksamaan satu variabel untuk menyelesaikan soal.
·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
·     Menggunakan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar untuk menyelesaikan soal

Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian
4 x 45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


3.5    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel

3.6    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya

·     Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel

·     Membuat model matematika yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel

·     Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar

·     Menafsirkan hasil penyesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar
·     Penerapan Pertidaksamaan Satu Variabel Berbentuk Pecahan Aljabar

·     Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

·     Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau  mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.
·     Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau  mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

·     Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika atau  mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.
Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian
4 x 45’






4 x45’
Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


                                                                                                                                                                
                                                                                                                                                         

                                                                                                                                                                            Bekasi,            Juli 2016

Mengetahui,                                                                                                                                         
Kepala Sekolah                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran Matematika





QOSIM HASIM ADNAN, M.Pd.I                                                                                                           HARI NOTO PRASETYO, S.Pd

                                                                                                                                                                                 

No comments:

Post a Comment