Tipe Kepribadian


Kepribadian adalah semua corak dan perilaku kebiasaan individu yang terhimpun dalam dirinya dan digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan baik dari luar maupun dari dalam. Corak dan perilaku kebiasaan ini merupakan kesatuan fungsional yang khas pada seseorang. Perkambangan kepribadian tersebut bersifat dinamis, artinya selama individu masih bertambah pengetahuannya dan mau belajar serta menambah pengalaman serta keterampilan, mereka akan semakin matang dan mantap kepribadiannya (Depkes, 1992).
Menurut Sigmund Freud tanpa tahun, tipe kepribadian dikelompokkan menjadi 4, sebagai berikut:
1)   Sanguinis
a.    Sifat dasar yaitu periang,optimis, dan percaya didi.
b.    Sifat perasannya yaitu mudah menyesuaikan diri, tidak stabil, baik hati, tidak serius, kurang dapat dipercaya karena kurang begitu konsekuen.
2)   Melankolis
a.    Sifat dasar yaitu pemurung, sedih, pesimistis, kurang percaya diri.
b.    Sifat perasaannya yaitu merasa tertekan dengan masa lalunya, sulit      menyesuaikan diri, berhati-hati, konsekuen, dan suka menepati janji.
3)   Koleris
a.    Sifat dasar yaitu selalu merasa kurang puas, bereaksi negatif dan agresif.
b.    Sifat perasaan yaitu mudah tersinggung, suka, membuat provokasi, tidak mau mengalah, tidak sabaran, tidak toleran, kurang mempunyai rasa humor, cenderung beroposisi, dan banyak inisiatif.
4)   Plegmatis
a.    Sifat dasar yaitu pendiam, netral, dan stabil

b.    Sifat perasaan yaitu merasa cukup puas, tidak peduli, dingin hati, pasif, tidak mempunyai banyak minat, bersifat lambat, sangat hemat, dan tertib.

No comments:

Post a Comment