Contoh Abstrak Skripsi


PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014



Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah Intelligence Quotient (IQ) berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa; (2) Untuk mengetahui apakah gaya belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa; (3) Untuk mengetahui apakah interaksi antara Intelligence Quotien (IQ) dan gaya belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan desain faktorial 3 × 3. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel penelitian adalah random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes prestasi belajar matematika, angket gaya belajar dan data dokumentasi tes IQ. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5%. Untuk melihat efek masing-masing variabel, dilakukan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) IQ tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. (2) Gaya belajarberpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Siswa gaya belajar tactual lebih baik prestasi belajarnya daripada siswa gaya belajar auditori. Siswa gaya belajar visual memiliki prestasi belajar sama dengan siswa gaya belajar auditori dan tactual. (3)Terdapat interaksi antara gaya belajar dengan IQ siswa terhadap prestasi belajar matematika.Hasil uji komparasi ganda menunjukkan, kelompok siswagaya belajar auditori IQ tinggi lebih baik prestasinya daripada siswa gaya belajar auditori IQ rendah, kelompok siswa gaya belajar visual IQ rendah lebih baik prestasinya daripada siswa gaya belajar auditori IQ rendah dan kelompok siswa gaya belajar tactual IQ rendah lebih baik prestasinya daripada siswa gaya belajar auditori IQ rendah.

Kata Kunci: Intelligence Quotient (IQ), Gaya Belajar, Prestasi Belajar Matematika.

No comments:

Post a Comment