Silabus Matematika SMA kelas X Semester 1








SILABUS


Nama Sekolah           : SMA 
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Kelas                           : X
Semester                     : 1

STANDAR KOMPETENSI:
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

1.1  Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma


















·     Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.

·     Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.

·     Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar

·     Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
·     Merasionalkan bentuk akar

·     Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.

·     Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma.

·     Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan logaritma

Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
·    Bentuk Pangkat
·    Bentuk Akar
·    Bentuk Logaritma


·     Menyimak pemahaman tentang bentuk pangkat, akar dan logaritma beserta keterkaitannya

·     Mendefinisikan bentuk pangkat, akar dan logaritma. 

·     Mendiskripsikan bentuk pangkat, akar dan logaritma, serta hubungan satu dengan lainnya.             

·     Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk pangkat  

·     Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar                       

·     Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma                   









Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis , PG
§  Tes Tertulis Uraian

10 x 45’


















Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



1.2  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma


·       Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma

·       Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk bentuk pangkat, akar, dan logaritma


·     Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.


·     Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar dan  logaritma.           


Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

8 x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain






STANDAR KOMPETENSI:
2.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

2.1    Memahami konsep fungsi











·     Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi






·     Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi


Persamaan, pertidaksamaan dan Fungsi Kuadrat
·    Fungsi Kuadrat
  • Relasi dan Fungsi

  • Jenis dan sifat fungsi



·    Memahami konsep tentang relasi antara dua himpunan melalui contoh–contoh.
·     Mengidentifikasi ciri-ciri relasi yang merupakan fungsi.
·     Mendeskripsikan pengertian fungsi



·     Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi
·     Mendeskripsikan karakteristik fungsi berdasarkan jenisnya.

Metode  :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


4 x 45’












Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



2.2    Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat

Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat dari bentuk aljabarnya.

Menggambar grafik fungsi kuadrat

Menentukan definit positif dan definit negatif













·         Membuat grafik fungsi  aljabar sederhana



·    Grafik fungsi kuadrat

·     Menentukan nilai fungsi dari fungsi kuadrat sederhana.
·     Membuat tafsiran geometris dari hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
·     Menggambar garafik fungsi kuadrat menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
·     Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari grafiknya.
·     Merumuskan hubungan antara sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dan koefisien-koefisien fungsi kuadrat.
·     Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari rumus fungsinya.
·     Menggambar grafik fungsi kuadrat menggunakan hasil analisis rumus fungsinya.
·     Mengidentifikasi definit positif dan definit negatif suatu fungsi kuadrat dari grafiknya.

·     Membuat grafik fungsi  aljabar sederhana ( fungsi linear, fungsi konstan, dan sebagainya) menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsinya.


Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

4 x 45’



Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



2.3    Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.


·         Menentukan akar-akar persamaan kuadrat.
·         Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat


·    Persamaan dan pertidaksanaan Kuadrat
  • Penyelesaian persamaan kuadrat
  • Penyelesaian pertidaksamaan kuadrat


·     Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan.

·     Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus.
·     Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
·     Menemukan arti geometris dari penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat menggunakan grafik fungsi kuadrat.
·     Mendeskripsikan tafsiran geometris dari penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.


Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

4 x 45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



·         Menggunakan rumus  jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
·         Rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
·     Menghitung jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dari hasil penyelesaian persamaan kuadrat.
·     Menentukan hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat.
·     Merumuskan hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat
·     Membuktikan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat.
·     Menggunakan rumus  jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dalam perhitungan.
Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian
4 x 45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



·         Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat

·         Jenis akar persamaan kuadrat
·    Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat melalui contoh-contoh.
·    Mengidentifikasi hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai Diskriminan.
·    Merumuskan hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai Diskriminan.
·     Menyelidiki jenis akar persamaan kuadrat.
Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

2 x 45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



2.4    Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

·      Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.





·      Menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan kuadrat/pertidaksamaan kuadrat

·         Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
·         Pernyelesian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

·     Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
·     Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya.
·     Mengenali persamaan-persamaan yang dapat diubah ke dalam persamaan kuadrat.

·      Menyelesaikan persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan kuadrat/ pertidaksamaan kuadrat.

Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


4 x 45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


2.5    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat


2.6    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
Membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat

Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat
·         Penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah
·     Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan persaman dan fungsi kuadrat.
·     Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
·     Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
·     Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat
Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian
4 x 45’




10 x 45’
Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain





STANDAR KOMPETENSI:
3.    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
3.1    Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel.






·     Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel




Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
·     Sistem Persamaan Linier Dua variabel
·     Sistem Persamaan Linier Tiga variabel

·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel.
·     Menggunakan sistem persamaan linear dua variabel untuk menyelesaikan soal.

Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian


4 x 45’




Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


·     Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel







·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linier tiga  variabel
·     Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.




·     Menentukan penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel









·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
·     Menggunakan sistem persamaan Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.






3.2    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear

3.3    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
·     Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linier

·     Membuat model matematika yang berhubungan dengan sistem persamaan linier

·     Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linear 

·     Menafsirkan hasil penyesaian masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier

·     Penerapan Sistem Persamaan Linier Dua dan Tiga variabel

·      
·     Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
·     Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
·     Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
·     Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
4 x 45’







4 x 45’
3.4    Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
·     Menentukan syarat penyelesaian pertidaksamaan yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
·     Menentukan penyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
·     Pertidaksamaan Satu Variabel Berbentuk Pecahan Aljabar
·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan satu variabel .
·      Menggunakan pertidaksamaan satu variabel untuk menyelesaikan soal.
·     Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
·     Menggunakan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar untuk menyelesaikan soal

Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian
4 x 45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


3.5    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel

3.6    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya

·     Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel

·     Membuat model matematika yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel

·     Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar

·     Menafsirkan hasil penyesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar
·     Penerapan Pertidaksamaan Satu Variabel Berbentuk Pecahan Aljabar

·     Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

·     Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau  mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.
·     Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau  mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

·     Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika atau  mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.
Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian
4 x 45’






4 x45’
Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


                                                                                                                                                                
                                                                                                                                                         

                                                                                                                                                                            Bekasi,            Juli 2016

Mengetahui,                                                                                                                                         
Kepala Sekolah                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran Matematika





QOSIM HASIM ADNAN, M.Pd.I                                                                                                           HARI NOTO PRASETYO, S.Pd

                                                                                                                                                                                 

PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK MATEMATIKA kelas X SMA semester 1

PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
MATEMATIKA


Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Matematika .
Kelas / Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
1.1.    Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.
  Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
  Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.
  Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
   Mengidentifi-kasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
  Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
  Merasionalk-an
  penyebut pecahan yang berbentuk akar.
  Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
  Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
  Menyelesaik-an persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.
  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat (pangkat bulat  positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan     penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.
  Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
  Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma.
  Menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan.
  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat - sifat logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.



1.2. Melakukan manipu-lasi aljabar dalam perhitu-ngan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
  Menyederhanak-an bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
  Membuktikan sifat- sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat dari bilangan berpangkat rasional dan berpangkat bulat      positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan sifat- sifat dari logaritma.



2. Memecahk-an masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan   kuadrat.
2.1. Memahami konsep fungsi.
  Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
  Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.



2.2.   Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
  Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.



2.3. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
  Menentukan akar-akar  persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus abc.
  Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian fungsi, fungsi aljabar sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat, serta penyelesaian dari persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
  Menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.
  Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
  Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat.




2.4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksama-an kuadrat.
  Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.
  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan, rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui, penyelesaian persamaan  lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
  Menentukan persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat.




2.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan / atau fungsi kuadrat.

  Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.




2.6.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya.
  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.



3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel.

3.1.   Menyelesaikan sistem persamaan  linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
  Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
  Memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
  Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.
  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear tiga variabel.
  Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.
  Menentukan penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.
  Menyelesaikan sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel.




3.2.Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.

  Mengidentifi-kasi masalah yang berhu-bungan dengan sistem persamaan linear, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.




3.3.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.
  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel, sistem persamaan kuadrat, sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel, serta penerapan sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.




3.4. Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
  Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan.
  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).
  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.




3.5.Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.

  Mengidentifika-si masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematika-nya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.
  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pertidaksa-maan linear, pertidak-samaan pecahan (pecahan bentuk linear dan kuadrat), pertidak-samaan bentuk akar, pertidaksamaan bentuk nilai mutlak, dan pene-rapan konsep pertidak-samaan satu variabel  dalam menyelesaikan masalah nyata.



Jumlah






Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Matematika



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................